Penemuan yang Mengubah Dunia: Tas Hingga Koper, Piranti Wajib Mudik

Kompas.com - 30/05/2019, 22:34 WIB

KOMPAS.com - Arus mudik mulai memadati ruas-ruas jalan dari ibukota menuju kampung halaman. Di musim mudik seperti saat ini, barang yang paling dicari dan diperlukan adalah tas atau koper yang bisa mengangkut segala keperluan ke daerah yang dituju.

Tas sendiri adalah salah satu benda yang sangat sulit dijauhkan dari keseharian manusia. Bahkan, konon, sejak zaman prasejarah, tas dikenal sebagai salah satu perlengkapan untuk membawa benda atau makanan yang bersifat ringan.

Dalam beberapa literatur Mesir Kuno, masyarakat pada saat itu juga telah menggunakan tas untuk membawa barang. Mereka mengikatkan tas dipinggang mereka kemudian digunakan untuk membawa biji maupun benih pertanian.

Kebudayaan lain, di Afrika, para penedeta juga diketahui telah membawa tas manik-manik. Keindahan tas tersebut kemudian diajarikan simbol kemewahan dan kekuasaan dari si empunya.

Baca juga: Jangan Sepelekan Beban dalam Tas

Tas modern mulai berkembang pada abad ke-14. Untuk membawa uang dan barang berharga, orang pada masa tersebut menggunakan tas serut.

Pengguna tas serut dari berbagai kalangan dan tidak terbatas pria ataupun perempuan.

Mengembangkan kebutuhan ini, mulai muncul dompet atau tas kecil pada abad ke-15. Tahun-tahun ini tas kecil digunakan untuk membawa pakan burung dalam proses berburu.

Namun, karena dianggap kurang praktis dan tidak bisa membawa banyak barang, pada abad ke-16 tercipta tas tangan.

Tas tangan ini kemudian tidak hanya memiliki fungsi sebagai pembawa barang tapi juga fashion item. Akibatnya pada abad ke-17 dan ke-18, perkembangan tas tangan maju pesat.

Pada abad ke-19, seiring dengan penciptaan kereta api, kebutuhan barang bawaan juga meningkat. Tas tangan tak lagi cukup untuk menampung barang yang ingin dibawa berpergian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.