Seukuran Burung Murai, Dinosaurus Baru Ini Punya Sayap Mirip Kelelawar

Kompas.com - 11/05/2019, 18:33 WIB
Ambopteryx longibrachium, dinosaurus berbulu bersayap kelelawar yang baru saja ditemukan di China Min WangAmbopteryx longibrachium, dinosaurus berbulu bersayap kelelawar yang baru saja ditemukan di China

KOMPAS.com – Banyak cara untuk terbang dan melayang. Itulah yang dapat disimpulkan dari banyaknya temuan fosil hewan purba, baik dinosaurus maupun pterosaurus, yang memiliki beragam modifikasi lengan yang memungkinkan mereka mengarungi langit.

Beberapa di antaranya mewariskan keturunan dengan desain yang mengalami penyempurnaan sehingga menjadi lebih efisien. Sebagian lagi justru mengalami kepunahan.

Kali ini, temuan terbaru berasal dari kawasan Barat Laut China. Fosil mungil yang berukuran tidak lebih dari seekor burung murai ini memiliki sayap mirip kelelawar, dilengkapi dengan struktur bulu yang juga mengalami fosilisasi.

Fosil baru ini diberi nama Ambopteryx longibrachum, yang dalam bahasa latin berarti kedua sayap berlengan panjang. Fosil diperkirakan berasal dari perioda Jurassic, sekitar 163 juta tahun lalu.

A. longibrachum dimasukkan dalam dinosaurus bersayap mirip kelelawar, kelompok scansoriopterygid.