Kompas.com - 01/04/2019, 20:32 WIB
Tidak seperti beberapa hadrosaurus, dinosaurus paruh bebek yang baru ditemukan ini memiliki jambul di kepalanya. Tidak seperti beberapa hadrosaurus, dinosaurus paruh bebek yang baru ditemukan ini memiliki jambul di kepalanya.

KOMPAS.com - Sekitar 69 juta tahun lalu, Arktik adalah kawasan berhutan yang cenderung panas. Di sana hidup kawanan dinosaurus besar dengan paruh bebek, theropoda mirip burung raptor dan anggota keluarga tyrannosaurus.

Di zaman modern ini, para ilmuwan berhasil menemukan sisa fosil dinosaurus paruh bebek bersembunyi di Lereng Utara Alaska. Selain menemukan bukti jejak dinosaurus di masa lalu, temuan ini juga diyakini mengungkap lebih banyak hal dari yang diketahui sebelumnya.

Sisa tengkorak dikategorikan sebagai lambeosaurine atau jenis dinosaurus paruh bebek jambul. Sebelumnya, satu-satunya dinosaurus paruh bebek jambul diketahui hanya berasal dari Kutub Utara Cretaceous.