Ini Sepupu T-Rex, Bobotnya Cuma 40 Kilogram dan Tingginya 1 Meter

Kompas.com - 09/05/2019, 10:06 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peneliti menemukan kerabat dari Tyrannosaurus rex. Sepupu T-rex ini diperkirakan hidup sekitar 92 juta tahun lalu. Namun, ada perbedaan mencolok ketika melihat fosil dari dinosaurus yang kemudian diberi nama Suskityrannus hazelae ini.

Paling jelas adalah ukuran tubuhnya. Suskityrannus hazelae hanya berbobot sekitar 40 kilogram. Bandingkan saja dengan T-rex yang punya bobot mencapai 8.160 kilogram. Tingginya sendiri jika diukur dari pinggul hanya sekitar 1 meter, sementara kalau diukur mulai kepala ke ekor sekitar 3 meter.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Jejak Kulit Dinosaurus Ditemukan

Anatomi unik dari S. hazelae inilah yang mampu membantu membuka misteri evolusi bahwa pemburu raksasa seperti T-rex bisa berasal dari nenek moyang yang berukuran lebih kecil, termasuk juga mengetahui mengapa ukuran Tyrannosaurid bisa berubah begitu drastis dan cepat.

"Masih belum jelas mengapa anatomi dan biologi Tyrannosaurid bisa berubah drastis selama pertengahan zaman Kapur. Mungkin terjadi karena perubahan lingkungan pada saat itu. Atau memang merupakan bentuk adaptasi mereka untuk berburu dengan ukuran tubuh yang sedang," tulis para peneliti dalam laporan mereka, seperti dikutip dari Live Science (7/5/2019).