Video: Serangga Raksasa Makan Bangkai Buaya, Seperti di Era Dinosaurus

Kompas.com - 12/04/2019, 19:32 WIB
Kutu raksasa lahap memakan bangkai buaya jauh di bawah permukaan laut. Kutu raksasa lahap memakan bangkai buaya jauh di bawah permukaan laut.

KOMPAS.com - Para ilmuwan dari Konsorsium Kelautan Universitas Louisiana (LUMCON) merekam aksi sekelompok invertebrata raksasa alias serangga melahap bangkai buaya. Kejadian ini terjadi di dasar laut teluk Meksiko, dua kilometer di bawah permukaan air.

Dalam waktu 24 jam entah bagaimana sekelompok serangga mirip kutu mengendus bau makanan dan menyerbunya.

"Saya terkejut saat tiba-tiba isopoda ( hewan dari ordo krustaseo meliputi kutu) raksasa ada di atas bangkai buaya," ujar Craig McClain salah satu anggota tim LUMCON dalam video.

"Saya pikir butuh waktu lebih lama untuk mereka menyadari dan mencium isyarat kimia untuk mendatangi makanan besar seperti buaya," imbuh dia.

Perilaku ini pada akhirnya dapat membantu para ilmuwan memahami kenapa saat terjadi tabrakan asteroid 65 juta tahun lalu, beberapa makhluk laut tetap bertahan hidup.

Apa hubungannya dengan fenomena tersebut?