NASA Cetak "Foto Keluarga" Semesta, Berisi Lebih dari 265 Ribu Galaksi

Kompas.com - 07/05/2019, 18:32 WIB
Foto keluarga terbaru alam semesta berisi lebih dari 265 ribu galaksi. Foto ini diambil dari data teleskop Hubble. Foto keluarga terbaru alam semesta berisi lebih dari 265 ribu galaksi. Foto ini diambil dari data teleskop Hubble.

KOMPAS.com - Para ilmuwan di bidang astronomi baru saja mencetak " foto keluarga" semesta dengan menggunakan data teleskop Hubble.

Jangan bayangkan potret keluarga semesta ini mirip pajangan foto di rumah. Di dalam potret seperti yang bisa kita lihat di atas, terdapat kumpulan galaksi yang baru lahir sampai sudah tua, juga rangkaian tabrakan galaksi.

Foto ini dirilis Kamis (2/5/2019) dan diberi nama Hubble Legacy Field. Gambar tersebut mewakili panorama paling komprehensif tentang alam semesta hingga saat ini, di mana menyatukan lebih dari 7.500 potret teleskop Hubble selama 16 tahun.

Tak tanggung-tanggung, di dalam foto tersebut ada lebih dari 265 ribu galaksi dan banyak di antaranya berada di lokasi sangat jauh mencapai miliaran tahun cahaya.