Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

NASA Cetak "Foto Keluarga" Semesta, Berisi Lebih dari 265 Ribu Galaksi

Jangan bayangkan potret keluarga semesta ini mirip pajangan foto di rumah. Di dalam potret seperti yang bisa kita lihat di atas, terdapat kumpulan galaksi yang baru lahir sampai sudah tua, juga rangkaian tabrakan galaksi.

Foto ini dirilis Kamis (2/5/2019) dan diberi nama Hubble Legacy Field. Gambar tersebut mewakili panorama paling komprehensif tentang alam semesta hingga saat ini, di mana menyatukan lebih dari 7.500 potret teleskop Hubble selama 16 tahun.

Tak tanggung-tanggung, di dalam foto tersebut ada lebih dari 265 ribu galaksi dan banyak di antaranya berada di lokasi sangat jauh mencapai miliaran tahun cahaya.

"Gambar ini berisi sejarah pertumbuhan galaksi di alam semesta, dari yang masih 'bayi' sampai sudah dewasa dan tua," ujar Garth Illingworth, seorang astronom dari Universitas California yang memimpin proyek tersebut, dilansir Live Science, Senin (6/5/2019).

Proyek besar ini sudah dimulai sejak 1995, ketika para astronom memutuskan untuk memusatkan perhatian teleskop Hubble ke sebuah ruang gelap selama 10 hari berturut-turut.

Dari kegelapan itu, "dunia" baru muncul dan menunjukkan ribuan galaksi yang belum pernah dilihat sebelumnya. Para ahli mencatat, beberapa galaksi di sana memiliki cahaya yang berasal dari pembentukan awal semesta.

Bagi para ilmuwan, mempelajari galaksi baru seperti ini akan memberi petunjuk tentang bentuk kosmos (suatu sistem dalam alam semesta yang teratur atau harmonis, red) paling awal miliaran tahun lalu.

Teleskop Hubble sendiri sudah melakukan pengamatan selama puluhan ribu jam dalam tiga dekade.

Para peneliti berharap, mosaik baru dari galaksi alien ini akan menginspirasi para astronom lain untuk mengungkap rahasia yang tersimpan di dalamnya.

Saat ini NASA sedang mempersiapkan teleskop pengganti Hubble yang dijuluki Wide Field Infrared Survey Telescope (WFIRST).

Rencananya WFIRST akan meluncur pertengahan 2020-an. Teleskop ini dirancang untuk mengambil gambar 100 kali lebih detail dibanding Hubble.

https://sains.kompas.com/read/2019/05/07/183200923/nasa-cetak-foto-keluarga-semesta-berisi-lebih-dari-265-ribu-galaksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke