Meningkat, Kasus Kanker Serviks Baru di Indonesia 32.469 Jiwa di 2018

Kompas.com - 20/02/2019, 12:56 WIB
Ilustrasi kanker serviks champjaIlustrasi kanker serviks

KOMPAS.com - Kanker serviks adalah momok bagi para perempuan. Menurut data Globocon 2018, kasus baru kanker serviks di Indonesia mencapai 32.469 jiwa.

Melansir Tribunnews, angka kematian akibat kanker serviks mencapai 18.279 per tahun. Ini artinya, ada sekitar 50 perempuan Indonesia meninggal dunia akibat kanker serviks.

Angka itu melonjak tajam dibanding data Globocon pada 2012 yang menyatakan 26 perempuan Indonesia meninggal karena kanker serviks setiap tahunnya.

Badan Kesehatan Dunia ( WHO) menyebut kanker serviks sebagai jenis kanker nomor empat yang paling sering menyerang wanita dan mematikan. Ditambah, kanker ini paling banyak ditemukan di negara berkembang dibanding negara maju.

Baca juga: WHO Serukan Tindakan Cepat Basmi Kanker Serviks

Menurut Prof. Dr. dr. Andrijono, Sp.OG(K), data terbaru Globocon selaras dengan penelitian di Indonesia, yang menemukan insiden kanker serviks 1 dari 1.000 perempuan.

"Sekitar 80 persen pasien datang dalam stadium lanjut, dan 94 persen pasien stadium lanjut, meninggal dalam waktu dua tahun. Kalau dirata-rata, sekitar 40 sampai 60 perempuan meninggal dalam sehari (karena kanker serviks)," tutur Prof. Andri, Ketua HOGI (Himpunan Ginekologi Onkologi Indonesia) dilansir Tribunnews.

Melansir Hello Sehat, kanker serviks atau yang juga disebut kanker leher rahim terjadi saat sel-sel di serviks tidak normal dan berkembang terus menerus hingga akhirnya susah dikendalikan.

Sel-sel abnormal itu bisa berkembang dengan sangat cepat sehingga mengakibatkan tumor pada serviks. Tumor yang ganas nantinya dapat berkembang menjadi kanker serviks.

Penyebab kanker serviks

Sekitar 80 persen kanker serviks disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV) yang sering ditularkan melalui hubungan seksual.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X