Kompas.com - 20/11/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi MarkMallesonIlustrasi


KOMPAS.com - Paus pembunuh atau paus orca ternyata memiliki kepribadian yang mirip dengan manusia dan simpanse, khususnya keceriaan dan kasih sayang.

Hal tersebut tertulis dalam sebuah makalah yang terbit di jurnal Comparative Psychology.

Temuan yang dilakukan oleh sekelompok tim dari Universitas Girona, Spanyol, telah menganalisis kepribadian 24 paus pembunuh yang tinggal di penangkaran SeaWorld Orlando, SeaWorld San Diego, dan kebun binatang Loro Parque, Tenerife, Spanyol.

Enam di antara ditangkap di alam liar dan sisanya sudah lahir di penangkaran.

Baca juga: World Orca Day, Mengenal Paus Pembunuh, Si Predator Puncak di Samudera

Untuk menilai kepribadian mereka, tim meminta bantuan pada pelatih dan para pekerja yang mengurus paus pembunuh untuk mengisi survei 38 daftar kepribadian. Survei tersebut meliputi soal bermain, kemandirian, keras kepala, keberanian, kepekaan, dan perlindungan diri.

Tim kemudian membandingan survei tersebut dengan penelitian sebelumnya yang menganalisis ciri kepribadian pada manusia dan simpanse.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai bagian dari analisis, tim menggunakan ukuran kepribadian umum yang disebut model lima faktor kepribadian atau Model Lima Besar, yang mencakup ekstraversi (extraversion), mudah akur dan bersepakat (agreeableness), sifat berhati-hati (neuroticism), stabilitas emosi (conscientiousness), dan terbuka terhadap hal-hal baru (openness to experience).

Hasilnya menunjukkan, kepribadian yang ditunjukkan paus pembunuh cenderung mirip dengan manusia dan simpanse, meski lebih mirip simpanse.

Sebagai contoh, paus pembunuh juga memiliki sifat extraversion yang melibatkan suka bersahabat, suka bermain, dan ramah.

Mereka juga ditemukan memiliki conscientiousness, misalnya keras kepala dan protektif, juga ditemukan adanya agreeableness yang menunjukkan suka berdamai dan tidak mengintimidasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.