Bukan Barang Baru, Warna-warni Telur Sudah Ada Sejak Zaman Dinosaurus

Kompas.com - 04/11/2018, 19:05 WIB
Warna-warna pada telur modern merupakan hasil dari evolusi jutaan tahun lalu physWarna-warna pada telur modern merupakan hasil dari evolusi jutaan tahun lalu

KOMPAS.com - Warna-warna yang sekarang ditemukan pada telur burung modern ternyata tidak muncul dengan sendirinya seperti yang kita kira selama ini.

Warna-warna pada telur ini berevolusi dari dinosaurus. Temuan ini berdasarkan penelitian dari Yale University, American Museum of Natural History dan University of Bonn.

Peneliti menemukan bahwa burung modern mewarisi warna telur dari nenek moyang dinosaurus non-unggas yang meletakkan telur di sarang mereka yang sepenuhnya atau sebagian terbuka.

Baca juga: 79 Tahun Tersimpan di Museum, Telur Burung Gajah Ini Ternyata Asli

"Ini benar-benar mengubah pemahaman kita tentang bagaimana warna telur berevolusi. Selama dua abad, ahli ornitologi berasumsi bahwa warna telur muncul di telur modern beberapa kali secara mandiri," kata Jasmina Wiemann, ahli paleontologi dari Yale University seperti dikutip dari Phys, Rabu (31/11/2018).

Selama ini ,peneliti mengetahui jika warna telur burung mencerminkan preferensi karakteristik lingkungan dan perilaku mengerami telur. Selain itu, burung modern hanya memiliki dua pigmen, merah dan biru, untuk menciptakan semua warna telur serta motif bintik-bintik dan titik-titik pada telur.