79 Tahun Tersimpan di Museum, Telur Burung Gajah Ini Ternyata Asli

Kompas.com - 26/04/2018, 19:01 WIB
Kathryn Leacock, direktur Buffalo Museum of Science, memegang telur ayam untuk membandingkan ukuran telur burung gajah. Telur ini sudah ada di museum sejak 1939, namun tidak pernah dipajang karena dianggap replika. Hasil penelitian membuktikan telur ini benar-benar asli. Kathryn Leacock, direktur Buffalo Museum of Science, memegang telur ayam untuk membandingkan ukuran telur burung gajah. Telur ini sudah ada di museum sejak 1939, namun tidak pernah dipajang karena dianggap replika. Hasil penelitian membuktikan telur ini benar-benar asli.

KOMPAS.com - Di masa lalu, burung gajah pernah hidup di Madagaskar, Afrika, sampai abad ke-17. Secara fisik, burung gajah mirip burung unta namun dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Hewan ini disebut-sebut sebagai spesies terbesar dengan lebar tiga meter dan berat mencapai 500 kilogram.

Mengingat ukurannya yang sangat besar, peneliti mencatat volume telurnya setara dengan 150 telur ayam. Ini adalah telur terbesar yang pernah dicatat sejarah.

Berkaitan dengan telur burung gajah, belum lama ini peneliti mengumumkan telah menemukan salah satu telur burung gajah asli di Buffalo Museum of Science, New York, Amerika.