Kompas.com - 18/04/2018, 18:31 WIB
Sekitar 30 persen hiu bertelur seperti ini. Dapatkah Anda melihat bayi menggeliat di dalam?
Sekitar 30 persen hiu bertelur seperti ini. Dapatkah Anda melihat bayi menggeliat di dalam?


KOMPAS.com - Jika ada pertanyaan, hiu bertelur atau beranak, jawabannya tergantung dari spesies.

Ada hiu yang berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan. Ada juga hiu yang berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur.

Setiap telur hiu berisi embrio dan kantung berisi kuning telur yang dijadikan makanan pertama mereka. Perhatikan gambar di bawah, Anda akan melihat tali pusarnya terhubung dengan kuning telur.

Diwartakan Live Science, Selasa (17/4/2018), telur hiu berbeda dengan telur ayam. Meski keduanya memiliki kuning telur yang dijadikan sumber makanan embrio, telur hiu terbungkus di dalam kulit kedap udara yang keras agar dapat terus menjaga embrio dari pemangsa.

Baca juga : Hilang Satu Dekade, Hiu Langka Ditemukan di Pasar Ikan India

Kulit pelindung itu sangat penting, karena ibu hiu cenderung akan berenang menjauhi keturunannya setelah bertelur. Anak-anak hiu sudah dibiarkan mandiri sejak awal kehidupannya.

Telur hiu, beda bentuk dan ukuran

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengingat kulit bagian mereka yang kasar dan misterius, banyak kasus telur hiu yang terdampar di pantai dianggap sebagai mermaid's purses atau kantung putri duyung.

Setiap spesies memiliki bentuk dan ukuran berbeda.

Ada yang seperti dilihat dalam gambar di atas, ada pula yang memiliki telur berukuran panjang dan dilengkapi dengan sesuatu semacam tanduk di setiap sisi. Telur yang seperti ini kadang-kadang disebut devil's purses atau kantung setan.

Selain itu, ada juga telur milik hiu tanduk California yang telurnya berbentuk botol dan ibu hiu cenderung meletakkannya di sudut berbatu.

Dalam video yang viral di Reddit sejak Senin (16/4/2018), sekilas mungkin Anda melihat balon berwarna hijau. Namun, saat diterangi dengan lampu senter, Anda dapat melihat embrio hiu di dalamnya sedang berenang. Rupanya, hiu junior tidak senang dengan cahaya yang menyinari rumahnya.

Menurut beberapa komentator Reddit, telur di gambar ini kemungkinan adalah milik hiu bambu yang tak jelas asalnya dari mana. Berikut penampakannya.

Telur hiu Telur hiu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.