Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Tanpa Makan dan Minum?

Kompas.com - 18/10/2018, 14:53 WIB
Ilustrasi Minuman buah-buahan pilipphotoIlustrasi Minuman buah-buahan

KOMPAS.com – Beberapa hari ini masyarakat Indonesia dikagetkan dengan informasi mengenai seorang perempuan dan anak-anak korban bencana di Palu, Sulawesi Tengah, yang selamat setelah hampir tiga pekan terjebak timbunan lumpur.

Bahkan, perempuan yang tertimbun lumpur itu masih bisa mengeluarkan kata-kata dan menanyakan keberadaan anaknya kepada relawan penyelamat.

Kejadian ini sontak menimbulkan pertanyaan, berapa lama seseorang dapat bertahan dalam keadaan tertentu tanpa asupan makanan dan minuman?

Ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada, Perdana Samekto MSc RD menjelaskan bahwa manusia memiliki batas waktu tertentu untuk mampu bertahan hidup tanpa makan dan minum.

"Manusia bisa bertahan tanpa makan hingga tiga minggu. Namun, tanpa minum hanya bisa bertahan 4-7 hari tergantung situasi, misalnya temperatur," kata Perdana saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/10/2018) pagi.

"Jika suhu dingin bisa bertahan lebih lama karena jumlah air yang dikeluarkan lebih sedikit. Lain halnya apabila dalam kondisi panas atau di bawah terik matahari,” ujarnya.

Baca juga: Berhenti Makan “Junk Food” Bisa Sebabkan Gejala Mirip Putus Obat

Berbagai faktor

Dilansir dari Sciencetific American, seorang dokter medis di New York, Amerika Serikat, Alan D Lieberson, menjelaskan bahwa ketahanan seseorang hidup tanpa makanan dan minuman sangat dipengaruhi oleh banyak faktor.

"Durasi bertahan tanpa makanan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti berat badan, variasi genetik, dan berbagai pertimbangan kesehatan lainnya. Namun yang paling penting adalah ada atau tidaknya dehidrasi," kata Alan.

Manusia dapat bertahan hidup hingga tiga minggu tanpa makanan.

Ilustrasi Minuman buah-buahansveta_zarzamora Ilustrasi Minuman buah-buahan
Sejarah pernah mencatat, tokoh antikekerasan India, Mahatma Gandhi yang saat itu berusia 74 tahun mampu bertahan selama 21 hari hanya dengan menyerap air. Dia sama sekali tidak mengonsumsi asupan apa pun, kecuali air.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X