Orangtua, Ketahui 5 Jenis Kanker yang Menyerang Anak Ini

Kompas.com - 17/10/2018, 07:07 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com -- Kanker umumnya diketahui menyerang orang dewasa. Beberapa faktor penyebab pada orang dewasa, seperti merokok, kebiasaan makan junk food, dan pola hidup yang tidak sehat, sudah kita ketahui.

Namun, ternyata kanker juga dapat menyerang anak-anak, dan ini biasanya lebih sulit untuk diketahui. Pasalnya, anak-anak pada umumnya belum mampu untuk mengemukakan apa yang dirasakannya.

Menurut dr Mururul Aisyiyah, dokter spesialis anak dari RS Dharmais, setiap tahunnya diperkirakan lebih dari 175.000 anak di dunia didiagnosis kanker.

Mirisnya, 90.000 di antaranya meninggal dunia karena kebanyakan orangtua terlambat untuk datang ke pelayanan kesehatan dalam menindaklanjuti penyakit anaknya.

Baca juga: Bagaimana Cara Dokter Menentukan Stadium Kanker Paru?

Padahal, penemuan dini kasus kanker anak merupakan kunci keberhasilan pengendalian kanker pada anak.

Oleh karena itu, para orangtua perlu mengetahui beberapa jenis kanker yang sering melanda anak, dan apa saja gejalanya.

Leukimia

Kanker jenis ini merupakan yang tertinggi kasusnya terhadap anak. Menurut Aisyi, leukimia terjadi pada 2,8 dari 100.000 anak. Kanker ini bahkan dapat menyerang anak-anak pada usia balita.

"Gejalanya leukimia itu pucat, lemah, anak rewel, nafsu makan menurun drastis, demam tanpa sebab. Tapi kita perlu lihat juga apakah ada perubahan fisik di tubuhnya, seperti pembesaran hati, limpa, dan kelenjar getah bening. Itu bisa jadi leukimia," jelas Aisyi saat ditemui pada Selasa (16/10/2018) di Jakarta.

Baca juga: Perih dan Perih, Menjadi Pasien Kanker yang Berobat dengan BPJS

Retinoblastoma

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X