Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penasaran soal Kanker Paru? Dokter Akan Beberkan Semua di Kompas.com

Kompas.com - 10/10/2018, 19:47 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Setelah lama berjuang melawan kanker paru-paru, Nita Octobijanthy akhirnya menghembuskan napas terakhirnya pada hari Selasa (9/10/2018).

Istri Indro Warkop DKI itu bukan satu-satunya publik figur yang kini mengidap penyakit tersebut. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNPB, Sutopo Purwo Nugroho juga didiagnosis dengan kanker paru-paru stadium 4B.

Memang, kanker paru-paru adalah penyakit yang ganas. World Cancer Research Fund memprediksi adanya 1,59 juta orang meninggal akibat penyakit tersebut setiap tahun, dan hanya sekitar 240.000 orang atau 15 persen di antaranya sintas.

Meski demikian, masih banyak orang yang belum benar-benar mengerti mengenai penyakit kanker paru-paru.

Baca juga: Membesuk Kanker Paru, Penyakit yang Merenggut Nyawa Istri Indro Warkop

Oleh karena itulah, kami mengundang dr. Jamal Zaini, Sp. P (K), Ph.D, seorang Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan Konsultan Onkologi Paru & Mediastinum dari RS Pondok Indah – Pondok Indah, ke acara bincang-bincang live di Facebook Kompas.com untuk membahas mengenai kanker paru.

Jamal menekuni keahliannya di Universitas Indonesia dan meraih gelar S3 dari Tohoku University di Jepang pada 2009. Dari universitas Jepang itu jugalah, Jamal menerima Young Investigator Awards.

Dokter spesialis paru-paru ini juga telah menelurkan berbagai karya ilmiah seputar imunologi kanker, seperti Natural Killer T cells dan sel dendritic.

Baca juga: Sutopo BNPB, Cerita tentang Kanker Paru dan Semangatnya yang Tak Padam

Dia juga merupakan anggota dari beberapa organisasi nasional dan internasional, termasuk Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), American Thoracic Society (ATS), Asia Pacific Society of Respitology, serta International Association for the Study of Lung Cancer (IASLC).

Dalam acara live di Facebook Kompas.com, Jamal akan menjelaskan faktor risiko, gejala, dan pengobatan dari kanker paru. Dia juga akan memaparkan risiko perokok pasif dan third hand smoking terhadap orang-orang yang tinggal bersama perokok.

Bagi penonton yang ingin bertanya, bisa juga meninggalkan komentar pada video live. Pertanyaan yang paling menarik nantinya akan dijawab langsung oleh Jamal.

Bincang-bincang mengenai kanker paru bersama dr. Jamal Zaini, Sp. P (K), Ph.D ini akan ditayangkan di akun Facebook resmi Kompas.com pada hari Kamis (11/10/2018) pukul 16.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com