Kompas.com - 16/10/2018, 19:03 WIB
Seekor tikus dewasa hasil reproduksi sesama jenis (bimaternal) bersama dengan dua keturunannya. Seekor tikus dewasa hasil reproduksi sesama jenis (bimaternal) bersama dengan dua keturunannya.


KOMPAS.com - Semua mamalia lahir dari orangtua dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Namun, para ahli dari China membuktikan bahwa seekor tikus dapat lahir dari dua betina dan kondisinya tetap sehat, bahkan bisa bereproduksi.

Selain membuktikan adanya tikus yang lahir dari dua ibu, tim mengungkap bahwa mereka juga berhasil mengakali lahirnya tikus dari dua pejantan. Sayangnya, tikus tersebut hanya dapat bertahan dua hari.

Untuk bisa mengembangkan sistem reproduksi tanpa peranan pasangan beda jenis, para ahli melakukan rekayasa genetik yang cukup rumit.

Teknik rekayasa genetika untuk mengakali lahirnya tikus dari dua ibu tersebut dinamai "bimaternal".

Baca juga: Kali Pertama, Pria Hongkong Terinfeksi Strain Hepatitis E Tikus

Diwartakan Guardian, Kamis (11/10/2018), pekerjaan Wei Li dan timnya sebenarnya ingin mencari jawaban dari pertanyaan lama tentang biologi, yakni mengapa hubungan seksual pada mamalia perlu kontribusi antara jantan dan betina.

Pasalnya, beberapa hewan, seperti hiu martil dan komodo, tidak memerlukan kontribusi genetik dari spesies jantan untuk bereproduksi.

Para ahli ingin meneliti sistem reproduksi seperti apa yang diperlukan agar tikus sesama jenis dapat bereproduksi.

Sebelum membahas hal tersebut, perlu diketahui bahwa dalam reproduksi mamalia ada fenomena imprinting, di mana sekitar 100 gen atau lebih merupakan salinan yang berasal dari ibu atau hanya berasal dari ayah yang diaktifkan.

Dalam genom, kontribusi maternal dan paternal semua bercampur aduk, tetapi gen-gen membawa penanda kimia yang menunjukkan gen berasal dari orangtua mana.

Tanpa pola imprinting dari jantan atau betina, embrio yang bagus tidak akan diproduksi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.