Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkumpul Bikin Keberanian Laba-laba Ini Makin Meningkat, Kok Bisa?

Kompas.com - 05/09/2018, 21:10 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Laba-laba dikenal sebagai salah satu makhluk penyendiri atau soliter. Namun, sepertinya sifat tersebut tidak berlaku bagi Stegodyphus dumicola.

Laba-laba kecil tersebut mungkin menerapkan peribahasa "bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh".

Pasalnya, dalam penelitian terbaru, para ilmuwan menemukan kepribadian yang berubah-ubah dari laba-laba ini bergantung dinamika kelompok.

Salah satu temuan mereka, laba-laba tersebut makin berani jika berkumpul dengan individu lain.

"Kebanyakan model matematika atau komputasi perilaku hewan kolektif berasumsi bahwa semua individu memiliki sifat dan mengikuti aturan interaksi yang sama," ungkap Edmund Hunt, salah satu peneliti yang terlibat dikutip dari Newsweek, Selasa (04/09/2018).

Namun, pada kenyataannya, individu hewan bisa memiliki kepribadian yang berbeda. Lebih dari itu, Hunt menjelaskan, kepribadian salah satu individu bisa sangat mempengaruhi perilaku kelompok.

"Entah bagaimana individu adalah katalis untuk perilaku kelompok yang efektif... tetapi apa yang terjadi pada kelompok jika salah satu individu yang penting menghilang?" kata Hunt.

Untuk menjawab pertanyaan itu, Hunt dan koleganya mengumpulkan laba-laba sosial dari pohon-pohon di tepi jalan di Afrika Selatan dan mempelajari perilaku mereka selama enam setengah minggu.

Penelitian tersebut kemudian dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences.

Baca juga: Libatkan Warga Kanada, Ahli Ungkap Migrasi Laba-laba Paling Beracun

Para peneliti mengukur keberanian makhluk secara teratur dengan mensimulasikan pendekatan burung dengan hembusan udara kecil.

Sebagai tanggapan, makhluk-makhluk itu menyelipkan kaki mereka dan berhenti bergerak. Semakin berani laba-laba, Hunt menjelaskan, semakin cepat ia akan mulai berjalan lagi.

Tim tersebut kemudian membandingkan bagaimana keberanian berubah dalam kelompok awalnya terdiri dari semua laba-laba pemalu, semua laba-laba yang berani dan kelompok campuran dengan semua kecuali satu laba-laba pemalu.

Lebih dari enam minggu, tim menguji keberanian makhluk dan memetakan interaksi mereka satu sama lain: laba-laba meringkuk bersama.

Peneliti menemukan bahwa interaksi sosial ini muncul untuk meningkatkan keberanian, terutama pada laba-laba yang meringkuk dengan individu yang lebih berani.

Namun, keberanian itu sendiri tidak membuat laba-laba ini lebih mungkin membentuk interaksi.

Halaman:
Sumber Newsweek

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com