Kompas.com - 03/09/2018, 11:42 WIB
Robot Opportunity milik NASA yang telah mengelilingi planet MARS sejak 2003. Kini, ia sedang tidur cukup lama karena dampak badai debu di planet merah. Robot Opportunity milik NASA yang telah mengelilingi planet MARS sejak 2003. Kini, ia sedang tidur cukup lama karena dampak badai debu di planet merah.

KOMPAS.com - Badai debu global terlama yang menerpa Mars akhirnya mulai menunjukkan tanda-tanda akan berakhir dan kini langit Mars sudah mulai bersih. Kabar ini merupakan berita penting dan membahagiakan untuk para ahli, terutama bagi NASA.

Seperti diberitakan sebelumnya, robot penjelajah MARS tertua milik NASA, yakni Opportunity, "tertidur" karena adanya badai debu global ini. Sejak 10 Juni 2018, robot Opportunity dikabarkan tidak lagi mengirimkan sinyal ataupun kabar ke Bumi.

Karena badai debu global hampir berakhir, artinya robot Opportunity berpeluang bangun dari tidur panjangnya dan mulai berkomunikasi dengan Bumi lagi.

Baca juga: Badai Debu Bikin Robot Penjelajah Tertua di Mars Tidur Panjang

Saat badai debu mencapai tingkat tau 1,5 - ukuran jumlah debu di langit - NASA berencana akan mengirim perintah ke Opportunity untuk membangunkannya. Bila lebih dari 45 hari Opportunity tidak merespons, NASA mungkin akan menyatakan rover berumur 14 tahun itu tamat.

"Sebentar lagi Matahari sudah bisa menerobos kabut debu dan baterai Opportunity akan dapat terisi ulang," ujar John Callas, manajer proyek Opportunity di NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL), dilansir IFL Science, Jumat (31/8/2018).

"Saat kami dapat mendengar kabar Opportunity, kami akan memulai proses untuk memahami statusnya dan memperbaikinya secara online," imbuhnya.

Seperti diketahui, robot Opportunity mengandalkan sinar matahari untuk mengisi daya baterainya. Saat Mars tertutup badai debu tebal, sinar matahari tidak dapat menembus permukaan Mars dan akhirnya robot Opportunity tertidur lama.

Opportunity mendarat di Mars pada 2014 bersama dengan robot Twin Spirit yang sudah lebih dulu menyerah pada 2010 karena pengaruh cuaca di Mars.

Menurut ilmuwan proyek Mars Reconnaissance Orbiter (MRO), Rich Zurek, badai debu Mars tahun ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah dan beruntung akhirnya hampir berakhir.