Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah NASA Menghancurkan Bukti Kehidupan di Mars 40 Tahun Silam?

Kompas.com - 14/07/2018, 12:31 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber BGR,Newsweek


KOMPAS.com - Dengan menemukan bukti kehidupan di planet Mars, mungkin kita akan mendobrak terobosan ilmiah terbesar sepanjang sejarah. Tak heran, NASA telah menghabiskan puluhan tahun untuk dapat mewujudkannya.

Wahana antariksa pertama yang dikirim manusia ke planet merah adalah Viking Lander. Pesawat tak berawak ini dikirim NASA ke Mars pada pertengahan 1975, dan mengeksplorasi planet merah sampai sepuluh bulan kemudian.

Saat itu, misi Viking Lander adalah untuk menemukan sampel organik yang menunjukkan adanya kehidupan di Mars pada masa lalu. Sampai akhir misinya dan pulang ke bumi, Viking tidak membawa hasil.

Lebih dari 40 tahun berlalu, sebuah penelitian terbaru menduga Viking Lander justru telah menghancurkan bukti kehidupan yang dicarinya.

Baca juga: NASA Temukan Gundukan Biru di Planet Mars, Apa Itu?

Makalah yang terbit di Journal of Geophysical Research: Planets, Rabu (20/6/2018), fokus mempelajari program Viking Lander yang dirancang untuk menganalisa tanah planet merah dan menemukan sampel organik di sana.

Para ahli yang terlibat dalam studi baru ini mengatakan semuanya salah dari awal.

Melissa Guzman, penulis utama laporan mengatakan, saat Viking Lander mendarat di permukaan Mars, ia membakar sampel tanah untuk menganalisis uap yang dihasilkan.

Padahal, dalam laporan tahun 2008 tentang misi NASA yang menjelajahi kutub utara Mars menemukan bahwa tanah Mars mengandung sejenis garam yang mudah terbakar, yang disebut perklorat.

Dari temuan tahun 2008 itu, para ahli kemudian menarik kesimpulan bahwa kedatangan Viking Lander 40 tahun silam secara tidak sengaja membakar sampel yang dicarinya.

"Ini benar-benar tidak terduga dan tidak kami ketahui. Ini seperti Anda mendapat wawasan baru dan menyadari yang sebelumnya dilakukan adalah salah," kata ilmuwan NASA chris McKay kepada New Scientist dilansir Newsweek, Kamis (12/7/2018).

Baca juga: NASA Ketar-ketir, Robot Penjelajah Opportunity Diduga Mati di Mars

Dilansir BGR, Kamis (12/7/2018), para ilmuwan masih tidak bisa mengatakan apakah pernah ada kehidupan di Mars atau tidak.

Adanya molekul organik adalah petunjuk besar, namun tetap ada proses alami lain sehingga dapat menghasilkan kehidupan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR,Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com