Kompas.com - 17/08/2018, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Lebah dan kupu-kupu terkenal karena kehebatan mereka melakukan penyerbukan pada bunga. Namun, jauh sebelum dua serangga ini melakukan hal tersebut, kumbang sudah lebih dulu melakukannya dan mereka membantu penyebaran tanaman di seluruh dunia.

Salah satu tanaman yang dibantu penyerbukannya oleh kumbang adalah tanaman sikas. Tanaman yang seperti campuran antara palem dan pakis ini sudah tumbuh sejak 240 juta tahun lalu atau sejak Bumi dihuni dinosaurus.

Sikas sebenarnya lebih erat hubungannya dengan pinus. Tumbuhan yang dipercaya sudah tumbuh sebelum tanaman bunga itu memiliki batang tebal, berbentuk kerucut seperti nanas, dan memiliki daun berbulu.

Saat mempelajari sikas modern di laboratorium, ahli sebenarnya sudah tahu bahwa di masa lalu tumbuhan ini dibantu penyerbukannya oleh kumbang. Kini, ahli paleontologi benar-benar membutikannya dengan temuan kumbang yang terjebak dalam batu ambar.