Kompas.com - 18/06/2018, 12:42 WIB
Katak kecil terjebak di batu ambar selama 99 juta tahun. Fosil katak yang sudah punah ini ditemukan di Myanmar. Katak kecil terjebak di batu ambar selama 99 juta tahun. Fosil katak yang sudah punah ini ditemukan di Myanmar.


KOMPAS.com - Belum lama ini para ilmuwan menemukan fosil katak purba yang terjebak dalam batuan ambar di Myanmar.

Ambar atau amber adalah resin pohon yang mengeras menjadi fosil dan digolongkan sebagai batu permata. Sebagian besar ambar di seluruh dunia berusia sekitar 30 sampai 90 juta tahun dan terkadang ada serangga atau vertebrata kecil yang terjebak di dalamnya.

Menariknya, para ahli memprediksi katak itu telah terjebak selama 99 juta tahun dan menjadikannya sebagai yang tertua dari jenisnya.

Sebelumnya ditemukan katak dalam ambar di Karibia berusia 40 juta tahun dan yang ditemukan di Meksiko berusia 25 juta tahun.

Baca juga: Ini Bukan Wajah, tetapi Pantat Katak Beracun dari Bolivia

Bagi ahli, temuan empat fosil katak dalam endapan ambar di Asia Tenggara adalah bukti paling awal tentang katak yang hidup di hutan tropis basah.

"Tidak pernah terdengar ada fosil katak kecil dari periode itu, ia memiliki tulang kecil dan tubuhnya hampir lengkap," kata herpetolog David Blackburn dari Florida Museum of Natural History, dilansir Science Alert, Jumat (15/6/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Yang paling menarik dari hewan ini adalah bentuknya. Katak ini merupakan bagian dari ekosistem tropis yang mirip seperti katak saat ini," imbuhnya.

Dalam makalah yang terbit di Nature Scientific Reports, Kamis (14/6/2018), ahli menjelaskan tubuh katak yang kecil dan rapuh membuatnya sulit bertahan hidup di masa lalu.

Mereka mengatakan, fosil katak tertua yang pernah ditemukan usianya sekitar 190 juta tahun dan ditemukan di lingkungan yang kering dan berukuran lebih besar.

Namun, katak dari Myanmar yang ditemukan di lingkungan basah menunjukkan kemiripan habitat dengan katak yang hidup saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.