Kompas.com - 19/07/2018, 12:09 WIB
Tupai indochina bisa menolerir rasa pedas pada cabai Meghan Murphy, Smithsonians National ZooTupai indochina bisa menolerir rasa pedas pada cabai

KOMPAS.com - Sebagian besar mamalia sepertinya akan lebih memilih untuk menghindari makan makanan pedas. Capsaicin, zat kimia yang membuat cabai pedas memang bukanlah racun. Namun, mengonsumsinya tentu akan menyebabkan rasa pedas yang tidak semua mamalia bisa mengatasinya.

Akan tetapi, rupanya beda cerita dengan chinese tree shrew atau tupai indochina ini. Spesies ini diketahui sebagai satu-satunya mamalia selain manusia yang mampu memakan cabai.

Peneliti di China menemukan mutasi genetik yang menyebabkan reseptor pada tupai tidak sensitif terhadap capsaicin atau tidak terlalu merasa kepedasaan saat makan cabai.

Pengamatan Lapangan

Yalan Han, peneliti dari University of Chinese Academy of Science memang telah mengetahui jika tupai indochina merupakan keluarga primata dan suka makan tanaman pedas di habitat mereka di hutan hujan tropus China Tenggara.