Bisakah Manusia Hidup di Asteroid?

Kompas.com - 09/07/2018, 11:06 WIB
Model sabuk asteroid di antara Mars dan Jupiter dengan adanya komet aktif. Ignacio Ferrin / University of AntioquiaModel sabuk asteroid di antara Mars dan Jupiter dengan adanya komet aktif.

KOMPAS.com - Dalam sebuah seri fiksi sains berjudul The Expanse, manusia digambarkan mulai berpikir untuk hidup di sabuk asteroid.

Serial tersebut berlatar 200 tahun di masa depan, ketika manusia telah mendirikan koloni di Bulan dan Mars, dan mulai merambah sabuk asteroid.

Keinginan merambah sabuk asteroid ini bukan tanpa alasan. Salah satu alasan yang paling dominan adalah menambang.

Menambang

Tidak seperti Bumi, di mana logam mulia cenderung terkubur di bawah tanah, ada banyak logam seperti emas dan paladium di permukaan asteroid.

Asteroid juga bisa digunakan sebagai pos penelitian ilmiah.

Sabuk asteroid mengorbit Matahari antara Mars dan Jupiter, dan dianggap sebagai sisa-sisa planet.

Meskipun sabuk asteroid adalah sumber utama asteroid, benda langit ini dapat ditemukan di seluruh tata surya dan dapat dibedakan menjadi tiga tipe dasar: berbatu, berkarbon, dan metalik.

Ukurannya berkisar dari ratusan meter hingga ukuran rumah kecil.

Perusahaan seperti Planetary Resources dan Deep Space Industries sudah berinvestasi pada penambangan asteroid sejak lama. Diperkirakan, mereka bisa mulai menambang pada tahun 2025.

Ancaman Radiasi

Namun, membuat tempat tinggal di asteroid jauh lebih rumit daripada sekadar menambang.