"Tarian" Asteroid di Antara Ratusan Galaksi Terekam Teleskop Hubble

Michael Hangga Wismabrata,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Teleskop luar angkasa Hubble berhasil mencitrakan sebuah "lukisan" gugusan galaksi dan asteroid, serta sekilas fenomena astronomi.

Mata telanjang manusia mungkin tidak akan bisa menyaksikan paras gugusan galaksi di luar angkasa yang disebut Abell 370.

Namun, gugusan besar yang terletak sekitar 4 miliar tahun cahaya dari konstelasi Cetus, Sea Monster ini berisi ratusan galaksi yang saling terkait oleh gaya gravitasi di antara mereka.

Menariknya seperti yang ditunjukkan dalam foto di atas, jejak asteorid terlihat di antara galaksi-galaksi berupa garis putih tipis berbentuk huruf S. Jejak tersebut terletak rata-rata sekitar 260 juta kilometer dari planet Bumi.

Jejak asteroid tersebut terekam teleskop Hubble dalam sejumlah pengamatan dan telah dijadikan dalam satu gambar. Totalnya terdapat 22 jejak astoroid di lokasi ini dan lima di antaranya merupakan fenomena unik karena sangat pucat dan tak teridentifikasi sebelumnya oleh para astronom.