Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajaran untuk Kita, Seorang Remaja AS Meninggal karena Tampon

Kompas.com - 03/07/2018, 11:26 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang remaja di Kanada meninggal dunia akibat sindrom syok toksik. Media lokal di Kanada melaporkan, sindrom syok toksik berkembang biak akibat penggunaan tampon selama acara karya wisata sekolah. 

Menurut pemberitaan media lokal Kanada, Comox Valley Record, seorang remaja berusia 16 tahun tiba-tiba mengeluh tidak enak badan dan mengalami kram saat dalam perjalanan karya wisata ke Pulau Hornby, Kanada. Kejadian ini terjadi pada Maret 2017.

Keesokan paginya, dia melewatkan sarapan dan ditemukan tidak responsif di tempat tidurnya.

Saat petugas medis mendatangi lokasi kejadian, ia sudah dalam keadaan meninggal dunia. Saat itu, mereka juga menemukan tampon.

Baca Juga: Penggunaan Tampon yang Benar Turunkan Risiko Infeksi pada Vagina

Setelah tampon tersebut diteliti, tim dokter menjelaskan bahwa tampon itu positif mengandung bakteri Staphylococcus aureus, patogen yang terkait dengan sindrom syok toksik atau Toxic shock syndrome (TSS).

Comox Valley Records melansir dari keterangan resmi hasil koroner yang dikeluarkan baru-baru ini, menuliskan bahwa patogen bakteri tersebut diduga kuat menjadi penyebab kematiannya.

Menurut ahli dari klinik Cleveland, Toxic shock syndrome (TSS) sebetulnya jarang terjadi, namun kondisi ini sangat berbahaya dan mengancam jiwa karena adanya racun yang dihasilkan oleh bakteri S. aureus atau bakteri tertentu lainnya.

Bakteri tersebut hidup di kulit manusia atau selaput lendir di tubuh, tanpa menyebabkan gejala. Dalam kondisi tertentu, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat dan mengeluarkan racun.

TSS dan tampon

Menurut ahli, tampon dengan daya serap tinggi merupakan tempat ideal bagi berkembangnya bakteri. Apalagi tampon yang sudah tidak layak dipakai.

"Ini hampir seperti cawan petri," kata Dr. Michael Cackovic, seorang spesialis Pusat Medis Kesehatan Ibu dan Janin di The Ohio State University Wexner Medical Center yang tidak terlibat dalam kasus kematian remaja di Kanada.

Setelah produksi tampon dengan daya serap tinggi dihapus, jumlah kasus TSS yang menyerang perempuan saat sedang mengalami menstruasi menurun. Meski belum sepenuhnya hilang.

"Saat ini, tingkat kasus TSS pada wanita yang menstruasi adalah sekitar 1 dari 100.000 wanita," kata Cackovic kepada Live Science, dilansir Jumat (29/6/2018).

Baca Juga: Lahir Tanpa Vagina, Tiruan Kelamin Wanita Ini Terbuat dari Kulit Ikan

Berdasarkan data dari Cleveland Clinic, TSS paling sering terjadi pada wanita berusia 15 hingga 25 tahun yang menggunakan tampon.

Cackovic mengatakan, wanita muda cenderung lebih memiliki antibodi terhadap S. aureus dibandingkan dengan wanita yang lebih tua. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa wanita muda memiliki tingkat yang lebih tinggi dari sindrom tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com