Kompas.com - 18/05/2018, 20:33 WIB
. Screen capture/RNZ/YouTube.

KOMPAS.com - Teori konspirasi tentang invasi alien ke bumi biasanya hanya muncul di internet. Tapi bagaimana jika hal itu muncul dalam sebuah jurnal ilmiah?

Inilah yang dilakukan oleh 33 ilmuwan yang tergabung dalam tim internasional.

Mereka merilis laporan dalam jurnal Progress in Biophysics and Molecular Biology dan berteori tentang keberadaan spesies alien yang hidup bersama manusia.

Dalam laporan tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa cephalopoda (cumi-cumi, gurita, dan sotong) mungkin berasal dari suatu tempat selain Bumi.

"Bukti peran virus luar angkasa dalam memengaruhi evolusi terestrial baru-baru ini secara tersiray terkandung dalam gen sekuensi transkriptom Cephalopoda," tulis para peneliti dikutip dari BGR, Kamis (17/05/2018).

"Genom gurita menunjukkan tingkat kerumitan yang mengejutkan dengan 33.000 kode protein gen lebih banyak dibanding manusia saat ini," sambungnya.

Para ilmuwan ini menentang keyakinan bahwa kelompok cephalopoda modern berevolusi di Bumi.

Mereka mengusulkan kemungkinan bahwa kelompok hewan tersebut adalah keturunan makhluk yang tiba di Bumi "menumpang" komet yang membeku.

"Otak besar dan sistem saraf canggih, mata seperti kamera, tubuh fleksibel, serta kamuflase seketika melalui kemampuan untuk mengubah warna dan bentuk hanya beberapa fitur yang muncul tiba-tiba dalam adegan evolusi," tulis laporan tersebut.