Kompas.com - 18/05/2018, 04:10 WIB
Citra alam semesta paling berwarna, diambil dengan teleskop Hubble. NASACitra alam semesta paling berwarna, diambil dengan teleskop Hubble.

KOMPAS.com — Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa pendapat Al Quran mengenai alien? Apakah Al Quran memberi petunjuk tentang makhluk hidup di luar angkasa sana?

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa bukan hanya astronom yang meyakini adanya makhluk luar angkasa.

"Al Quran juga mengisyaratkan keberadaan makhluk cerdas tersebut," kata Djamaluddin kepada Kompas.com, Kamis (17/5/2018).

Salah satu surat dalam Al Quran yang menyimpan petunjuk adanya makhluk luar angkasa adalah surat Asy-Syuura.

Ayat ke-29 surat itu menyatakan, "Dan di antara ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan)-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya".

Menurut Djamalludin, surat tersebut mengisyaratkan tentang adanya makhluk bergerak selain di Bumi, juga ada di langit atau luar Bumi. Namun, belum ada bukti ilmiah mereka pernah mendatangi Bumi.

Sementara itu, menurut pengasuh Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta, KH M Dian Nafi, Surat Al-Jasiyah 45: 13 juga menjelaskan isyarat planet layak huni di luar Bumi.