Planet Trappist-1 Terlalu Basah, Harapan Mencari Alien di Sana Kandas

Kompas.com - 22/03/2018, 20:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Selama ini, pencarian makhluk hidup di planet asing sering kali dimulai dengan pencarian air.

Dalam jurnal Nature Astronomy, planet ektrasurya yang mengelilingi bintang Trappist-1 ditemukan memiliki air setelah para peneliti mengamatinya dari jarak 39 tahun cahaya.

Berdasarkan ukuran dan kepadatannya, planet-planet ini memiliki ukuran seperti bumi tetapi jauh lebih ringan. Perbedaan massa tersebut hanya bisa disebabkan oleh air yang lebih berat dari gas, tetapi lebih ringan dan tidak sepadat batu.

Sayangnya, air yang ada di planet sekitar Trappist-1 berada pada jumlah yang terlewat banyak untuk menyokong kehidupan.

Bumi sendiri mungkin terlihat seperti planet yang basah karena 71 persen permukaannya ditutupi oleh air dan 60 persen tubuh kita adalah air. Namun, ternyata air hanya 0,02 persen dari seluruh massa bumi, sementara sisanya adalah batu, bahan-bahan organik, dan lain-lain.

Baca juga : Mungkin Inilah Rumah Manusia Setelah Matahari Jadi Raksasa Merah

Sebaliknya, kandungan air beberapa planet di sekitar Trappist-1 berkisar antara lima sampai 10-15 persen massanya atau 250 kali lipat air di bumi.

Dengan jumlah air sebanyak itu, planet-planet ini akan memiliki penampakan yang jauh berbeda dari bumi atau bulan berair seperti Enceladus dan Europa.

Para peneliti menjelaskan bahwa air di Trappist-1 kemungkinan berupa lapisan tipis di atas, sementara bagian bawahnya padat seperti es karena tekanan lautan yang ada di atasnya. Es ini berfungsi sebagai mantel yang melindungi pusatnya yang lebih padat.

Lalu tanpa adanya tanah kering, kemungkinan cuaca di planet-planet ini untuk menghasilkan bahan-bahan penting, seperti fosforus yang merupakan bahan utama DNA, sangatlah terbatas.

Artinya, kemungkinan makhluk hidup di planet-planet ini, kalau ada, untuk berkembang cukup besar hingga keberadaannya dapat dideteksi dari bumi sangatlah kecil.