Tanpa Elemen Ini, Kehidupan Alien Mungkin Tidak Akan Pernah Ada

Kompas.com - 17/04/2018, 08:06 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apa elemen penting yang dibutuhkan untuk terciptanya sebuah kehidupan? Selama ini, kita berpikir soal ketersediaan air dan udara sebagai penunjang kehidupan, tetapi masih ada elemen penting lainnya, yakni fosforus.

Para ilmuwan mengungkap hal ini berdasarkan pengamatan baru pada Nebula Kepiting (Crab Nebula), salah satu sisa-sisa ledakan bintang (supernova) yang berjarak 6.500 tahun cahaya.

Sayangnya, mendapatkan fosforus bukan perkara mudah. Penyebaran maupun ketersedian fosforus tersebut, menurut ilmuwan, tidak merata atau mungkin lebih acak dari perkiraan sebelumnya.

Dengan demikian, beberapa tempat di galaksi mungkin tidak memiliki cukup fosforus untuk mendukung kehidupan.

Baca juga : Ukir Sejarah, Astronom Amatir Ini Tangkap Ledakan Supernova

Sebagian besar fosforus alam semesta tercipta dari bintang-bintang sekarat yang kemudian meledak atau selama ini dikenal dengan nama supernova. Ukuran bintang berperan dalam penciptaan fosfor.

Untuk mengetahuinya, ilmuwan kemudian membandingkan Nebula Kepiting dengan sisa ledakan bintang lain yang bernama Cassiopeia A. Dari situ ilmuwan mengukur jika jumlah fosforus di Cassiopeia A 100 kali lebih banyak daripada fosfor yang ditemukan di Nebula Kepiting.

Ini karena bintang yang menciptakan Cassiopeia A kira-kira dua kali lebih besar dari yang membuat Nebula Kepiting. Jadi, bintang dengan ukuran lebih masif bisa menghasilkan reaksi berbeda yang menghasilkan lebih banyak fosforus.

Jika produksi fosforus sangat bervariasi, begitu juga dengan kemungkinan kehidupan di planet lain.