Makalah Terakhir "Multiverse" Stephen Hawking Terbit

Kompas.com - 03/05/2018, 20:01 WIB
Stephen Hawking Stephen Hawking

KOMPAS.com - Tulisan ilmiah Stephen Hawking sebelum berpulang, A smooth exit from eternal inflation?, akhirnya diterbitkan dalam jurnal High Energy Physics, Jumat (27/4/2018).

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, makalah ini berisi pemikiran Hawking tentang jumlah alam semesta yang tak hanya satu atau multiverse.

Makalah tersebut ditulis Hawking dan rekannya Thomas Hertog dari Universitas Leuven, Belgia. Sebelum diterbitkan, Hertog mengumumkan teori baru ini dalam sebuah konferensi perayaan ulang tahun Hawking ke-75, tahun lalu.

Baca juga : Sebelum Meninggal, Stephen Hawking Selesaikan Makalah Multiverse

Apa isi pemikiran Hawking?

Makalah Hawking bekaitan dengan sesuatu yang disebut inflasi abadi.

Mari kita menilik teori yang dipercaya para ilmuwan, yakni alam semesta kita terbentuk dengan Big Bang, diikuti oleh ekspansi cepat tak terbayangkan yang dikenal sebagai inflasi.

Banyak fisikawan percaya, inflasi akan berlanjut selamanya di daerah tertentu. Di dalam alam semesta kita, inflasi telah lama berakhir yang membentuk bintang dan planet.

Dilansir Newsweek, Rabu (2/5/2018), inflasi abadilah yang melahirkan multiverse, kumpulan alam semesta yang menandakan alam semesta tak hanya ada satu.

Alam semesta kita ibarat gelembung kecil di antara banyak gelembung yang dipisahkan gelembung besar. Beberapa alam semesta mempunyai kemiripan dengan alam semesta yang kita huni dan ada pula yang sangat berbeda.

Fakta multiverse membuat teori ini tidak menyenangkan secara ilmiah, karena sulit diuji.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X