Kompas.com - 16/04/2018, 13:00 WIB
Jerawat THINKSTOCKJerawat

KOMPAS.com - Wajah tak mulus karena jerawat, bisa membuat rasa percaya diri turun drastis.

Jerawat muncul karena kita memiliki folikel rambut yang mudah tersumbat. Ketika bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes terperangkap pada bagian pengap dan berminyak di kulit, maka akan menimbulkan peradangan.

Banyak faktor yang dapat memicu peradangan jerawat. Salah satunya adalah kandungan makanan, misalnya vitamin B12 yang banyak ditemukan dalam daging dan produk olahan susu, atau suplemen B12 yang berfungsi meningkatkan kerja otak dan mencegah anemia.

Hal itu diungkap oleh penelitian yang terbit dalam jurnal Science Translational Medicine, Juni 2015.

Baca juga : Kenapa Ada Orang yang Selalu Jerawatan? Riset Ungkap Alasannya

Dirangkum Science Alert, Minggu (15/4/2018), vitamin B12 disebut mampu mengubah susunan genetika bakteri wajah dan memicu peradangan jerawat.

Hal ini diungkap oleh ahli farmakologi molekuler di Universitas California, Los Angeles, bernama Huiying Li bersama timnya. Mereka fokus menyelidiki B12 berdasarkan temuan dari enam dekade terakhir.

"Beberapa penelitian menemukan orang yang menggunakan B12 memicu jerawat," ujar Li pada 2015.

Li dan kolega mengidentifikasi jalur molekuler yang memproduksi vitamin B12 dalam bakteri P. acnes di kulit. Mereka kemudian membandingkan antara kulit wajah yang sehat dan kulit wajah yang dipenuhi jerawat.

Dari sini mereka menemukan bahwa jalur biosintesis vitamin B12 pada bakteri P. acnes secara signifikan menurun pada orang yang berjerawat dibanding mereka yang memiliki kulit wajah sehat.

Setelah itu, tim Li ingin menguji dampak yang terjadi bila tubuh diberi asupan vitamin B12 lebih banyak. Ada 10 relawan berkulit wajah bersih dan sehat yang bersedia disuntikkan vitamin B12.