Kompas.com - 03/04/2018, 20:03 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Kesal karena wajah Anda selalu dihiasi jerawat, sementara rekan atau saudara Anda memiliki kulit yang mulus?

Jika jerawat sukar enyah dari wajah meski sudah diobati dengan berbagai cara, ada kemungkinan Anda memiliki folikel rambut yang mudah tersumbat.

Hal itu diungkapkan oleh penelitian yang terbit dalam jurnal Science Inflamation pada Oktober 2016.

Pada dasarnya, hampir seluruh kulit manusia secara alami ditinggali bakteri sebagai benteng dari serangan kuman. Dengan kata lain, bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acnes, memang tersimpan di kulit tiap orang.

Baca juga: Jangan Ditiru! Ini Akibatnya bila Bersihkan Jerawat Pakai Pisau Kayu

Namun, yang menjadi pertanyaan para ahli adalah mengapa tidak semuanya memiliki kulit berjerawat? Peneliti asal Universitas California, Richard Gallo, bersama rekannya pun tergerak untuk menyelidikinya.

Dirangkum dari Science Alert pada Senin (2/4/2018), sebetulnya bakteri yang bersarang di kulit tidak akan berbahaya dan menimbulkan peradangan asalkan tidak terperangkap pada bagian yang pengap dan berminyak seperti folikel rambut.

Begitu pula dengan bakteri jerawat. Gallo dan timnya menemukan bahwa P acnes akan berujung pada jerawat saat bersinggungan dengan pori-pori yang tersumbat. Akibatnya, kelenjar sebaceous menghasilkan minyak berlebih pada kulit yang dikenal dengan nama sebum.

Sebum ini lalu berubah menjadi asam lemak yang memperparah peradangangan di kulit. Asam lemak inilah yang menghambat kerja enzim deacetylases histone, yakni mencegah peradangan. Akibatnya, pori-pori membengkak dan timbul menjadi jerawat.