Kompas.com - 02/04/2018, 11:33 WIB
Seekor pesut diduga tewas akibat tumpahan minyak di Balikpapan Seekor pesut diduga tewas akibat tumpahan minyak di Balikpapan

KOMPAS.com — Pesut atau mamalia laut jenis lumba-lumba irawady ditemukan mati tergeletak di pinggir Pantai Mas Permai, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (1/4/2018) malam.

Pengamatan Tribunkaltim.co, Senin (2/4/2018), kondisi mamalia laut tersebut sudah mati.

Tubuhnya sudah membengkak. Mamalia ini ditemukan persis di samping kantor Kecamatan Balikpapan Kota.

Sejumlah kalangan aktivis pencinta satwa serta Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia wilayah Kaltim Kaltara sedang melakukan olah kejadian perkara.

Baca juga: 150 Paus Pilot Terdampar di Pantai Australia, Apa Artinya bagi Kita?

Warga sekitar ada yang melihat peristiwa ini.

Maulana, peneliti lumba dari Yayasan Konservasi Rare Aquatic Species of Indonesia (RASI), mengungkapkan, mamalia yang mati ini merupakan satwa laut endemik khas Teluk Balikpapan.

"Lumba-lumba irawady atau bahasa lokalnya disebut pesut. Jenis mamalia laut endemik di Teluk Balikpapan, bukan endemik Kalimantan," ungkapnya.

Dia menduga, kematian lumba-lumba irawady ini pengaruh dari cemaran minyak yang tumpah di perairan Teluk Balikpapan.

Kondisi nyata perairan laut Balikpapan sempat hitam karena adanya campuran zat minyak.

Jadi, kata Maulana, bisa disimpulkan kematian pesut ini terkena cemaran minyak di laut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X