Kompas.com - 06/12/2017, 16:45 WIB
jamur bibir langka WR SISI/Shutterstock; Ladizinski et al./Journal of Emergency Medicinejamur bibir langka
|
EditorMichael Hangga Wismabrata


KOMPAS.com -- Ini adalah cara membersihkan jerawat yang tidak perlu ditiru. Seorang pekerja bangunan berusia 23 tahun nekat menggunakan pisau kayu untuk menghilangkan jerawat di bawah bibirnya.

Alih-alih jerawatnya hilang dan sembuh, dia justru terkena infeksi jamur langka akibat perbuatannya itu.

Disebut Blastomyces, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mendeskripsikan jamur ini sebagai organisme yang biasanya hidup di tanah lembap, dan di dalam kayu atau daun yang busuk.

Biasanya, orang terinfeksi Blastomyces dengan cara menghirup spora jamur, bukan melalui luka pada kulit. Menghirup spora menyebabkan infeksi paru yang disebut dengan blastomycosis paru primer. Dikatakan paru primer karena infeksi dimulai di paru-paru.

Baca Juga: Penyakit Langka Sebabkan 80 Persen Kulit Tubuh Bocah 7 Tahun Melepuh

Tidak hanya manusia, hewan peliharaan seperti anjing juga bisa terjangkit penyakit ini. Anjing sering tanpa sengaja menghirup jamur jenis Blastomyces saat berada di luar ruangan dan menganggu tempat hidup si jamur.

Gejala terinfeksi jamur mirip terserang flu, termasuk demam, batuk dan nyeri otot. Dari paru-paru, infeksi bisa menyebar ke organ lain, salah satunya adalah pada kulit dalam bentuk luka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, dalam kasus yang baru-baru ini terjadi, pria tersebut tidak mengalami gejala mirip flu karena spora jamur memasuki tubuhnya melalui kulit. Satu-satunya gejala adalah area kulit yang meradang tepat di bawah bibir.

Pekerja bangunan tersebut berkata kepada dokter bahwa luka kulitnya muncul tidak lama setelah dia menggunakan pisau kayu untuk menghilangkan jerawat di bawah bibir.

Baca Juga: 4 Kondisi Infeksi Parasit Mengintai Anda

Dr Barry Ladizinski, dermatolog di Rumah sakit John H.Stroger Jr Chicago, menduga infeksi terjadi karena pisau kayu yang digunakan pria tersebut kemungkinan bersentuhan dengan tanah yang mengandung jamur Blastomyces. Saat menggunakan pisau tersebut di bibirnya, alat tersebut menularkan organisme ke luka di kulitnya.

Saat pertama kali datang ke rumah sakit, bagian ujung bawah bibir mengalami luka yang bernanah dan di sekitarnya mengeras.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.