Kompas.com - 23/03/2018, 18:32 WIB
150 paus pilot sirip pendek terdampar di Australia Jumat (23/03/2018) 150 paus pilot sirip pendek terdampar di Australia Jumat (23/03/2018)

KOMPAS.com - Pemandangan tak biasa terjadi di Hamelin Bay, 300 kilometer sebelah selatan kota Perth pada Jumat (23/03/2018). Pasalnya, ada ratusan paus terdampat di pantai tersebut.

Sekitar 150 paus terdampar dan membutuhkan penyelamatan besar-besaran.

Sayangnya, sekitar separuh dari total paus yang terdampar tersebut telah mati. Hal ini dikonfirmasi oleh pihak berwenang di Western Australis (WA).

Para pejabat konservasi Australia mengatakan, hingga saat ini mereka mencoba menyelamatkan paus yang masih hidup di pantai tersebut.

"Kekuatan hewan, kekuatan angin, dan kondisi cuaca yang basah akan mempengaruhi waktu dan tempat kita mencoba memindahkan paus-paus tersebut ke laut," ungkap Jeremy Chick dari Departemen Keanekaragaman Hayati, Konservasi, dan Atraksi dikutip dari BBC, Jumat (23/03/2018).

Baca juga: Kali Pertama, Paus Pemalu dari Laut Karibia Tertangkap Kamera

Pihak berwenang menyebut hewan tersebut adalah paus pilot bersirip pendek. Jenis paus ini memang terkenal sebagai makhluk yang sering terdampar massal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut laporan ABC News, Jumat (23/03/2018), puluhan penyelamat telah berada di pantai.

Selain itu, pihak berwenang Australia juga telah mengeluarkan peringatan tentang hiu. Mereka mengimbau agar masyarakat menjauh dari daerah tersebut.

"Ada kemungkinan hewan mati dan sekarang akan bertindak sebagai atraktan (penarik perhatian), yang bisa menyebabkan hiu mendekat ke pantai di sepanjang bentangan pantai," kata pihak Departemen Perikanan Australia.

Paus pilot sirip pendek umumnya memiliki panjang sekitar 5 meter. Biasanya, hewan ini barada di perairan tropis dan sub tropis.

Hingga saat ini, para ilmuwan tidak tahu persis apa yang menyebabkan paus-paus itu mendekat ke pantai.

Para ahli menyebut, paus biasanya terdampar jika sakit, terluka, atau membuat kesalahan navigasi, terutama ketika pantai tersebut cukup landai.

Kadang kala, paus yang terdampar mengirimkan sinyal marabahaya sehingga menarik paus lain untuk ikut terdampar juga. Hal ini pernah terjadi sekitar tahun 1996.

Saat itu, sekitar 320 paus sirip panjang terdampar di pantai Australia Barat.

Baca juga: Wikie, Paus Pembunuh Pertama di Dunia yang Tirukan Kata-Kata Manusia



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.