Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Paus Sperma Terdampar di Aceh, Butuh Penanganan Ahli

Kompas.com - 13/11/2017, 19:28 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Kabar mengejutkan di dapat dari ujung utara pulau Sumatra, yaitu provinsi Aceh. Pada Senin (13/11/2017) ditemukan 10 sperm whale alias paus sperma terdampar di pantai Ujong Kareung, Aceh Besar.

Kabar ini pertama kali mengemuka lewat kicauan akun twitter resmi dari lembaga konservasi lingkungan independen, World Wide Fund (WWF) Indonesia. Melalui akun @wwf.id ditulis: "Sekelompok sperm whale terdampar di Pantai Ujong Kareung, Aceh Besar. Butuh penanganan cepat oleh tim ahli. Kontak @stranding_ID untuk update informasinya."

"Sedikitnya dua paus terluka tapi relawan telah memutuskan untuk menunggu air pasang untuk mengangkut hewan-hewan tersebut kembali ke laut menggunakan tali," kata Sapto Aji Prabowo dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam di provinsi Aceh dikutip dari Channel News Asia, Senin (13/11/2017).

Baca juga : Sekelompok Paus Ditemukan Berdiri di Lautan, Apa yang Terjadi?

"Yang terbaik adalah menunggu sampai air pasang, tapi kami khawatir mereka akan mati," lanjut Sapto.

Paus sperma dewasa merupakan salah satu mamalia terbesar di bumi. Ia bisa tumbuh hingga 12 meter dengan berat mencapai 57 ton.

Meski tidak biasa, paus terlihat beberapa kali terdampar di beberapa pantai Indonesia. Pada 2016, 29 paus pilot juga terperangkap sebentar di rawa bakau lepas pantai timur pulau Jawa. Untungnya, mereka berhasil membebaskan diri dengan bantuan para nelayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com