Kompas.com - 21/03/2018, 12:36 WIB

KOMPAS.com - Selasa (20/3/2018), pusat konservasi hewan di Kenya mengumumkan satu dari tiga ekor badak putih utara terakhir di dunia mati.

Diberitakan Kompas.com, tim dokter hewan dari balai konservasi OI Pejeta terpaksa menyuntik mati badak putih utara jantan bernama Sudan.

Alasannya, badak yang berusia 45 tahun itu hidup dengan berbagai komplikasi penyakit.

Terkait dengan matinya badak putih utara jantan terakhir di dunia, ada beberapa spesies badak yang terancam punah.

Baca juga : Sudan, Badak Putih Jantan Terakhir di Dunia Mati

Konservasi badak, Save the Rhino, memperkirakan ada 500.000 badak di seluruh Afrika dan Asia pada awal abad ke-20. Jumlah itu kini kian menyusut. Tinggal menyisakan 29.000 badak di alam liar.

Ancaman perburuan liar dan hilangnya habitat adalah alasan di balik kepunahan ini.

Sementara itu, International Union dor Conservation of Nature's Red List of Threatened Species memiliki catatan yang lebih detail.

1. Badak hitam, meliputi badak Sumatera dan Jawa.
Spesies ini berstatus sangat terancam punah. Ada 5.055 badak hitam, di antara itu hanya menyisakan kurang dari 100 badak Sumatera dan badak Jawa hanya sekitar 35 sampai 44 ekor.

2. Badak bercula satu.
Spesies ini statusnya rentan punah, artinya mereka bisa terancam punah kecuali keadaan membaik. Beruntung populasi badak bercula satu meningkat. Menurut IUCN, pada 2007 diperkirakan ada 2.575 ekor dan sekarang jumlahnya ada 3.333 ekor.

3. Badak putih
Spesies ini berstatus hampir terancam punah, artinya mereka dapat terancam punah dalam waktu dekat. Badak putih selatan jumlahnya ada 20.405 ekor. Sementara badak putih utara baru saja dinyatakan punah di alam liar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.