Kompas.com - 19/03/2018, 11:33 WIB
Ular kembar siam ini punya 2 kepala, 2 jantung, dan 2 sistem pencernaan Ular kembar siam ini punya 2 kepala, 2 jantung, dan 2 sistem pencernaan

KOMPAS.com - Kembar siam merupakan sebuah kelainan kelahiran dengan tubuh saling menempel satu sama lain. Pada manusia, kembar siam terbilang sangat langka.

Namun, bagaimana jika kembar siam ini ditemukan pada hewan?

Seorang peternak di Florida, AS mendapati ular yang baru saja ditetaskannya adalah ular kambar siam. Hal ini terlihat dari dua kepala yang dimiliki ular jenis boa tersebut.

Jarak antar-kepala ular tersebut hanya beberapa sentimeter saja. Ditambah lagi, kedua kepala tersebut sepertinya mampu memeriksa lingkungan dan menjulurkan lidahnya.

Baca juga: Dua Bola Mata dalam Satu Lubang, Ular Ini Mirip Monster

Tak berapa lama, pemilik ular ini membawanya ke Susan Kelleher, dokter hewan yang cukup terkenal di Florida selatan. Selanjutnya, Kelleher merujuk ular ini untuk diperiksa oleh Dr Lauren Thielen, dokter hewan lain.

Thielen pun melakukan x-ray pada tubuh hewan tersebut. Ini mengungkapkan anatomi tubuh ular aneh itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil rontgennya pun cukup mengejutkan. Tak seperti hewan berkepala dua lain, yang cenderung berbagi organ dalam, ular tersebut justru memiliki 2 jantung.

"Saya terkejut (ular tersebut) memiliki dua jantung," ungkap Thielen dikutip dari National Geographic, Kamis (15/03/2018).

"Tapi sangat menarik untuk mengerti bahwa ular kembar siam ini benar-benar dua ular dalam satu kulit," imbuhnya.

Tak hanya sampai pada melihat anatomi tubuh ular tersebut, para dokter juga mengecek apakah kedua jantung itu berfungsi. Mereka menggunakan mesin non-invasif yang disebut ultrasound doppler.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X