Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2018, 21:46 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com – Para pengunjung The Golf’s Club di Florida, Amerika Serikat, pada hari Jumat (12/1/2018) mendapat tontonan langka. Seekor alligator sedang bergulat dengan ular sanca bodo di lapangan golf.

Dalam foto yang diambil oleh Richard Nadler di atas, keduanya mungkin tampak tidak bergerak, tetapi  alligator tersebut sedang menggigit kepala sanca bodo.

Alligator tersebut tampaknya lebih unggul,” ujar Nadler melalui akun Facebook-nya.

Sebagai informasi, menurut Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FWC), ukuran ular sanca bodo bisa mencapai 8 meter dan memiliki berat lebih dari 90 kilogram. Namun, di Florida, ukuran umum sanca bodo biasanya 2,4 hingga tiga meter. Hewan ini menggunakan tubuhnya untuk membelit mamalia besar, burung, dan reptil hingga mati.

Baca juga : Jaguar Bertarung Melawan Buaya dan Inilah Predator Pemenangnya

Sementara itu, panjang alligator betina di Florida biasanya tidak sampai 3 meter, tetapi pejantannya bisa jauh lebih besar. Bersifat oportunistik, alligator biasanya memilih untuk memburu mangsa yang mudah ditaklukannya.

Dari foto Nadler, Brian Norris selaku petugas informasi publik FWC berkata bahwa dia tidak bisa menentukan siapa pemenangnya. Namun, jika harus memilih, dia akan berada di “tim alligator”.

Kepada Fox News, Jumat (19/1/2018), Norris mengatakan, spesies mana yang pada akhirnya menjadi mangsa atau pemangsa bergantung pada situasi dan berbagai faktor, termasuk ukuran setiap hewan.

Dia melanjutkan, tetapi kami akan sangat senang bisa alligator asli Florida ini berhasil memangsa ular sanca bodo tersebut. Ular sanca bodo tidak asli Florida dan bisa berisiko bagi satwa dan ekosistem asli.

Meski demikian, Norris meminta agar masyarakat Florida tidak mendekati kedua spesies jika melihatnya. “Kedua hewan ini adalah predator besar dan FWC merekomendasikan untuk menjaga jarak dari keduanya,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com