Kompas.com - 25/02/2018, 17:32 WIB


KOMPAS.com - Kebanyakan perempuan yang sudah memiliki anak biasanya akan merasa lebih tua dibanding teman sebaya yang belum memiliki anak.

Banyak yang menganggap hal itu lantaran kesibukan menjadi ibu baru dan mengurus anak.

Sebuah temuan yang baru terbit akhir-akhir ini rupanya mengungkap hal tersebut bukan sekadar perasaan.

Penelitian yang dipublikasikan Human Reproduction, Rabu (14/2/2018), mengklaim bahwa perempuan yang sudah melahirkan usia biologisnya akan bertambah 11 tahun lebih tua.

Baca juga : Jangan Percaya Mitos, Ibu Hamil Tidak Dilarang Makan Durian

Peneliti asal Universitas George Mason, Virginia, penasaran bagaimana bisa persalinan dan menjadi ibu memengaruhi struktur genetik perempuan.

Demi menjawab pertanyaan itu, mereka mengamati telomer milik ribuan perempuan. Telomer merupakan bagian paling ujung dari kromosom yang berkaitan dengan umur panjang.

Peneliti menggunakan survei pemeriksaan kesehatan dan gizi nasional AS sejak 1999-2000 yang melibatkan 1.900 perempuan terkait panjang telomer.

Saat mempelajari data telomer milik ibu, mereka mendapatkan sesuatu yang mengejutkan yakni adanya pemendekan telomer yang mengindikasi penambahan usia kromosom lebih dari 10 tahun jika dibandingkan dengan perempuan yang belum memiliki anak.

"Kami sangat terkejut dengan hasil ini. Ini setara dengan penuaan seluler 11 tahun yang dipercepat," kata Dr Anna Pollack dari Universitas George Mason dilansir Medical Daily, Sabtu (24/1/2018).

"Kami menemukan bahwa perempuan dengan lima atau lebih anak memiliki telomer yang jauh lebih pendek dibanding perempuan yang memiliki anak hanya satu, dua, tiga, atau empat," sambungnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.