Payudara Wanita, Teka-teki Evolusi hingga Kanker yang Mematikan

Kompas.com - 18/02/2018, 20:39 WIB
Payudara ShutterstockPayudara

KOMPAS.com - Kurang lebih 5.000 spesies mamalia yang ada di Bumi saat ini memiliki bentuk dan ukuran payudara berbeda-beda, tetapi fungsinya tetap sama yaitu menghasilkan susu.

Berdasarkan penelitian, pada banyak hewan, payudaraakan hilang saat tak lagi diperlukan untuk menyusui. Namun, kasus yang sama tak terjadi pada manusia.

Ilmuwan pun bertanya-tanya, apakah Homo sapiens telah terjadi kesalahan evolusi sehingga payudara manusia tetap ada dan besar meskipun sudah tidak lagi menyusui?

Sejumlah ahli punya pandangan terkait payudara manusia. Biolog bernama Tim caro pernah mengeksplorasi evolusi payudara manusia.

Menurutnya, payudara manusia dirancang sedemikian sehingga memunginkan bayi menyusu dari pinggul sehingga ibu pada saat yang sama bisa melakukan tugas lain.

Sementara, teori Charles Darwin yang kemudian didalami oleh Desmond Morris, seorang ahli ilmu hewan, yang menulis buku "The Naked Ape" pada tahun 1967 memperkaya khazanah.

Menurutnya, payudara adalah simbol seks pada perempuan karena sejak nenek moyang manusia mulai berjalan tegak, organ seksual wanita dewasa tidak lagi terlihat jelas.