9 Makhluk Paling Langka di Dunia, Salah Satunya di Jawa

Kompas.com - 25/01/2018, 11:29 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KOMPAS.com - Pesatnya pertumbuhan populasi manusia mengakibatkan kepunahan sejumlah populasi hewan dan tumbuhan di alam liar.

Dalam satu abad terakhir, hampir separuh satwa liar di Bumi diambang kepunahan. Serangga, ikan, burung hingga mamalia dan di manapun habitatnya, tidak bisa lolos dari ancaman itu.

Banyak faktor yang mempengaruhinya seperti jumlah yang sudah sedikit, tingkat penurunan, ancaman yang dihadapi dan kondisi populasi satwa.

Inilah 9 hewan yang dikategorikan terancam punah setelah 40 tahun terakhir yang dikutip dari Iflscience, Minggu (21/1/2018).

Macaw Spix (Cyanopsitta spixii)

Namanya terkenal karena film animasi "Rio". Sayangnya, jumlah burung Macaw berwarna biru abu-abu ini menurun drastis sejak tahun 2000 dan hanya bertahan sebagai burung koleksi pribadi saja. Saat ini ada sekitar 110 burung hasil penangkaran yang awalnya dari tujuh ekor dari dua sarang. Harapannya, akan dikembalikan di alam liar di Brasil pada tahun 2016.

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus)

Badak JawaBadak Jawa Badak Jawa

Spesies ini kemungkinan tinggal satu populasi saja, yaitu kurang lebih 50 ekor di Taman Nasional Ujung Kulon. Badak Jawa dulu banyak ditemukan di seluruh Asia Tenggara, dari Bangladesh hingga Jawa Timur. Badak Jawa merupakan mamalia besar yang paling langka di dunia.

Vaquita (Phocoena sinus)

Vaquita Vaquita Vaquita

Jumlah satwa ini tinggal sekitar 30 ekor yang bertahan di Teluk California. Pesut kecil ini berada di ambang kepunahan karena diburu untuk dijadikan umpan ikan totoaba oleh pemburu liar.

Cyad (Encephalartos woodii)

Cyad Tree-WikimediaCyad Tree-Wikimedia Cyad Tree-Wikimedia

Tahun 1895 sebuah gugusan tanaman Cyad ditemukan tumbuh di Afrika Selatan. Gugusan tersebut dibawa ke penangkaran. Setelah itu, tidak ada tanaman Cyad yang tumbuh. Itu berarti gugusan tanaman dibawa ke taman koleksi botani adalah yang terakhir. Sayangnya, semua tanaman itu adalah jantan.

Burung Hantu Kaledonia Baru (Aegotheles savesi)