10 Fakta Unik yang Akan Membuat Anda Makin Cinta Bumi - Kompas.com

10 Fakta Unik yang Akan Membuat Anda Makin Cinta Bumi

Gloria Setyvani Putri
Kompas.com - 06/12/2017, 21:06 WIB
Foto bumi terbit di ufuk bulan pada 12 Oktober 2017.NASA Foto bumi terbit di ufuk bulan pada 12 Oktober 2017.

KOMPAS.com -- Tidak ada keraguan untuk bilang bahwa bumi sangatlah indah. Foto-foto dari luar angkasa telah membuktikan keindahan kelereng biru ini.

Namun di balik keindahannya, rumah kita ini menyimpan banyak hal aneh yang belum kita mengerti sepenuhnya. Dilansir dari National Geographic, Selasa (5/12/2017), berikut adalah beberapa contohnya yang akan membuat Anda semakin mencintai bumi:

1. Kutub utara dan selatan bumi berkebalikan

Kita semua tahu, kutub utara bumi berada di atas Alaska, dan kutub selatan ada di dekat Antartika. Namun, hal ini tidak selalu demikian.

Selama 20 juta tahun terakhir, kutub magnet telah bertukar posisi setiap beberapa ratus ribu tahun atau lebih. Artinya, kalau 800.000 tahun lalu Anda hidup dan memiliki kompas, maka Anda akan melihat bahwa utara letaknya di Antartika.

Meski ilmuwan terus mengutak atik bumi, tapi belum ada yang tahu pasti secara pasti apa yang memicu fenomena ini.

Untuk saat ini, kutub utara bumi merayap ke utara sekitar 40 mil per tahun, dan pembalikan kutub terakhir kali terjadi pada 780.000 tahun yang lalu.

2. Punya bulan super besar

Sejak minggu malam hingga kemarin malam, kita dapat melihat lagi fenomena supermoon. Fenomena ini dan gerhana matahari total tidak hanya terjadi di bumi.

Asalkan planet tersebut memiliki bulan yang berukuran besar sehingga dapat menutupi lingkar matahari dari pandangan planet dan mempunyai orbit sebidang dengan matahari, supermoon dan gerhana matahari total bisa terjadi.

Bulan sendiri berukuran seperempat bumi, salah satu satelit terbesar di tata surya bila dibandingkan induknya.

3. Migrasi mamalia terbesar

Setiap tahun, 10 juta kelelawar buah raksasa dapat terbang dari Republik Demokratis Kongo ke Taman Nasional Kasanka Zambia. Ini adalah migrasi mamalia terbesar di bumi, bahkan mengalahkan migrasi besar tahunan wildebeest.

Migrasi kelelawar merupakan migrasi mamalia terbesar di Bumi dengan pengikut sampai jutaan ekor. Migrasi kelelawar merupakan migrasi mamalia terbesar di Bumi dengan pengikut sampai jutaan ekor.

4. Makhluk hidup terbesar dan tertua di bumi

Organisme tunggal terbesar di bumi adalah jamur madu dari genus Armillaria yang hidup di Blue Mountain, Oregon. Ukurannya mencapai 965 hektar atau 1.665 kali lapangan bola.

Jamur madu ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1992. Penemuan pertama merupakan spesies Armillaria gallica yang diduga berumur 1.500 tahun dan berukuran 15 hektar di Crystal Falls, Michigan.

Spesies kedua adalah spesies A solidipes yang ada di Washington dengan ukuran 600 hektar.

Baca Juga: Jamur Madu Pembunuh Tanaman, Makhluk Terbesar dan Tertua di Muka Bumi

5. Tempat paling alien

Gurun Danakil di Etiopia merupakan salah satu tempat paling alien di bumi. Penampakannya dihiasi gas beracun, danau lava, dan sumber air panas mendidih yang suhunya bisa mencapai 63 derajat celcius.

Meski ia tampak sangat tidak bersahabat, rupanya Gurun Danakil menjadi rumah bagi ekosistem yang kaya. Para pakar astrobiologi bahkan menggunakan tempat ini sebagai petunjuk untuk pencarian makhluk hidup di planet asing.

Dallol Volcano, Danakil depression, EthiopiaThinkStock Dallol Volcano, Danakil depression, Ethiopia

6. "Air terjun" di laut

Sekilas, pantai barat daya Mauritius tampak berada di ujung hulu air terjun. Namun, ini hanya sekadar ilusi yang dibuat oleh arus laut, lumpur, dan pasir.

underwater waterfall underwater waterfall

7. Harta karun di bawah tanah

Meksiko memiliki gua kristal yang diketahui sebagai kristal alam terbesar di Bumi. Beberapa balok di dalam gua memiliki ukuran sampai sembilan meter.

Gua yang tersembunyi ribuan kaki di bawah tanah ini baru ditemukan pada tahun 2000 saat penambang perak tidak sengaja menerobos temboknya.

Gua yang menyimpan kristal ribuan kaki di bawah tanah ini ditemukan pada tahun 2000 di Meksiko. Gua yang menyimpan kristal ribuan kaki di bawah tanah ini ditemukan pada tahun 2000 di Meksiko.

Selain Meksiko, Vietnam juga memiliki gua yang tidak kalah ajaib, yakni Gua Hang Son Doong. Gua ini diklaim sebagai gua vertikal terluas di Bumi, dan saking luasnya, ukurannya cukup untuk memarkir pesawat jet 747. Gua tersembunyi yang baru ditemukan 1991 ini juga menyimpan hutan hujan yang rimbun.

Baca Juga: Bukan Hasil Editan, 7 Hewan Aneh Ini Nyata Ada di Bumi

8. Perilaku burung jalak yang menyerupai awan

Jika Anda pernah melihat awan hitam yang seperti bergerak dan menggulung ketika menjelang petang, itu bukanlah awan melainkan ulah ratusan atau mungkin ribuan burung jalak yang terbang bersama. Para ilmuwan menduga hal ini dilakukan jalak untuk mencari tempat bertengger baru atau menghindari predator.

9. Padang rumput tertua di bumi ada di dasar laut

Padang rumput terluas ada di bawah laut Mediterania yang bernama Posidonia. Temuan terbaru menyebut Posidonia sudah ada sejak seratus ribu tahun lalu.

Salah satu faktor yang membuat Posidonia dapat berumur panjang adalah sedikitnya makhluk hidup yang datang untuk merusak padang rumput kuno ini.

Posidonia, padang rumput terluas dan tertua di Bumi ini ada di dasar laut Mediterania. Posidonia, padang rumput terluas dan tertua di Bumi ini ada di dasar laut Mediterania.

10. Sungai mendidih

Meski sering dianggap sekadar legenda, sungai mendidih benar-benar ada dan tersembunyi jauh di dalam hutan Amazon di Peru.

Para ilmuwan berkata bahwa suhunya yang nyaris mendidih mampu mengubah hutan hujan menjadi surga mistik beruap yang bisa merebus binatang kecil.

Baru-baru ini, penjelajah National Geographic Andrés Ruzo baru saja pulang dari sungai mendidih itu. Dia menemukan bahwa aktivitas panas bumi yang luar biasa ini tidak ada hubungannya dengan gunung berapi atau pengeboran minyak.

PenulisGloria Setyvani Putri
EditorShierine Wangsa Wibawa

Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM