Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fakta Unik yang Akan Membuat Anda Makin Cinta Bumi

Kompas.com - 06/12/2017, 21:06 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com -- Tidak ada keraguan untuk bilang bahwa bumi sangatlah indah. Foto-foto dari luar angkasa telah membuktikan keindahan kelereng biru ini.

Namun di balik keindahannya, rumah kita ini menyimpan banyak hal aneh yang belum kita mengerti sepenuhnya. Dilansir dari National Geographic, Selasa (5/12/2017), berikut adalah beberapa contohnya yang akan membuat Anda semakin mencintai bumi:

1. Kutub utara dan selatan bumi berkebalikan

Kita semua tahu, kutub utara bumi berada di atas Alaska, dan kutub selatan ada di dekat Antartika. Namun, hal ini tidak selalu demikian.

Selama 20 juta tahun terakhir, kutub magnet telah bertukar posisi setiap beberapa ratus ribu tahun atau lebih. Artinya, kalau 800.000 tahun lalu Anda hidup dan memiliki kompas, maka Anda akan melihat bahwa utara letaknya di Antartika.

Meski ilmuwan terus mengutak atik bumi, tapi belum ada yang tahu pasti secara pasti apa yang memicu fenomena ini.

Untuk saat ini, kutub utara bumi merayap ke utara sekitar 40 mil per tahun, dan pembalikan kutub terakhir kali terjadi pada 780.000 tahun yang lalu.

2. Punya bulan super besar

Sejak minggu malam hingga kemarin malam, kita dapat melihat lagi fenomena supermoon. Fenomena ini dan gerhana matahari total tidak hanya terjadi di bumi.

Asalkan planet tersebut memiliki bulan yang berukuran besar sehingga dapat menutupi lingkar matahari dari pandangan planet dan mempunyai orbit sebidang dengan matahari, supermoon dan gerhana matahari total bisa terjadi.

Bulan sendiri berukuran seperempat bumi, salah satu satelit terbesar di tata surya bila dibandingkan induknya.

3. Migrasi mamalia terbesar

Setiap tahun, 10 juta kelelawar buah raksasa dapat terbang dari Republik Demokratis Kongo ke Taman Nasional Kasanka Zambia. Ini adalah migrasi mamalia terbesar di bumi, bahkan mengalahkan migrasi besar tahunan wildebeest.

Migrasi kelelawar merupakan migrasi mamalia terbesar di Bumi dengan pengikut sampai jutaan ekor. Migrasi kelelawar merupakan migrasi mamalia terbesar di Bumi dengan pengikut sampai jutaan ekor.

4. Makhluk hidup terbesar dan tertua di bumi

Organisme tunggal terbesar di bumi adalah jamur madu dari genus Armillaria yang hidup di Blue Mountain, Oregon. Ukurannya mencapai 965 hektar atau 1.665 kali lapangan bola.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com