Kompas.com - 24/01/2018, 18:36 WIB
sisa-sia hujan es di Magelang sisa-sia hujan es di Magelang
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir, sejumlah wilayah di Indonesia mengalami hujan lebat dan cuaca ekstrem. Salah satu yang mengalami hal serupa adalah wilayah kota Magelang, Jawa Tengah.

Uniknya, hujan lebat yang terjadi di Magelang hari ini bercampur dengan es batu. Fenomena ini tentu segera mengundang perhatian warga Magelang.

Muhamad Ammar Farhan Putra, seorang warga Mertoyudan menyebut fenomena hujan es ini terjadi cukup singkat.

"(Terjadi) Sekitar jam 13.20 - 13.30," kata Farhan melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Rabu (24/01/2018).

Baca juga: Hujan Es di Bandung, Kenapa Bisa Terjadi dan Apa Bedanya dengan Salju?

Farhan juga menyebut bahwa bongkahan es yang jatuh dari langit cukup besar.

hujan es di Magelang menyisakan bongkahan es yang cukup besar hujan es di Magelang menyisakan bongkahan es yang cukup besar

Hal serupa juga dirasakan oleh Tri Suhartini, Warga Mertoyudan. Dia menyebut bahwa hujan es terjadi di daerah Mertoyudan hingga Kademi Militer Kota Magelang.

"Suara hujan siang ini lebih keras dibanding hujan biasa, berbunyi kretek kretek," ujarnya.

Hujan Es Terjadi Karena...

Sementara itu, dihubungi Kompas.com melalui pesan singkat, Hary Tirto Djatmiko dari Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut telah menerima laporan tentang hujan es tersebut. Dia juga menjelaskan bahwa fenomena hujan es merupakan fenomena yang alamiah.

"Kejadian hujan lebat/Es disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat lebih banyak terjadi pada masa transisi/pancaroba musim baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya," ungkap Hary.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X