Selain Lingkungan, Perubahan Iklim Juga Ancam Kesehatan Mental Kita

Kompas.com - 24/01/2018, 18:02 WIB
Perubahan iklim. World WildlifePerubahan iklim.
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Semua orang tahu perubahan iklim memicu bencana alam seperti angin topan, longsor, banjir, dan sebagainya. Namun, apakah Anda juga tahu perubahan iklim berdampak buruk bagi kesehatan mental manusia?

Studi dari Universitas Arizona menunjukkan bahwa tingkat stres orang meningkat seiring meningkatnya rasa cemas terhadap ancaman perubahan iklim. Peneliti tidak menutup kemungkinan rasa stres akan berubah menjadi depresi.

Sabrina Helm, profesor ilmu keluarga dan konsumen di Universitas Arizona, berkata bahwa efek psikologis karena ancaman perubahan iklim bervariasi. Hal ini tergantung pada objek yang dianggap terkena imbasnya.

Baca Juga: Hutan Ini Jadi Berbunga-bunga karena Perubahan Iklim, Bagaimana Bisa?

Ada tiga tipe ancaman perubahan iklim terhadap lingkungan yang mendapat perhatian dalam jurnal Global Environmental Change.

Pertama, bersifat pribadi di mana timbul kecemasan bahwa perubahan iklim dapat berdampak pada keselamatan diri, misalnya tingginya polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan paru-paru.

Lalu, ancaman altruistik atau yang berkaitan dengan kemanusiaan dan generasi penerus. Terakhir, ancaman biosfer atau yang mengancam kepada alam termasuk tumbuhan dan hewan.

Penelitian kemudian dilakukan secara online terhadap 342 orang, baik orang tua atau anak-anak muda. Hasilnya, orang yang masuk tipe ancaman biosfer memiliki kecenderungan stres tertingi di antara yang lain.

"Orang yang khawatir dengan hewan dan alam cenderung memiliki stres yang tinggi karena memandang efek buruk planet yang lebih luas dan besar," kata Helm.

"Bagi mereka, fenomena global perubahan iklim akan sangat memengaruhi hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan, jadi mereka memiliki kekhawatiran yang paling menonjol karena mereka sudah melihatnya di mana-mana," tambahnya dikutip dari Psychcentral, Rabu (17/1/2018).

Sebaliknya, orang yang masuk ke tipe ancaman egois atau pribadi tidak akan mengalami kondisi tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X