Resolusi Tahun Baru Itu Tradisi Kuno, 4.000 Tahun Manusia Melakukannya

Kompas.com - 02/01/2018, 11:15 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Tahun baru, selain identik dengan kembang api dan berkumpul dengan orang terkasih, ada satu lagi yang tak terlewatkan. Resolusi.

Setiap orang memiliki resolusi atau rencana yang ditargetkan dan ingin dijalani sepanjang tahun.

Mulai dari menurunkan berat badan, makan lebih sehat, menabung, jalan-jalan, menikah, dan lain sebagainya.

Jika Anda adalah salah satu orang yang menulis resolusi di tahun baru ini, berarti Anda adalah salah satu orang yang mengikuti tradisi kuno yang diwariskan secara turun temurun dan kini diterapkan dengan cara yang berbeda.

Baca juga : 7 Langkah Pertahankan Resolusi Diet pada Tahun Baru

Mungkin Anda atau teman Anda yang memposting resolusi 2018 dalam media sosial tidak menyadarinya.

Tapi faktanya, orang-orang yang hidup di zaman perunggu juga mempraktikkan seni resolusi tahun baru ini. Meski dulu orang-orang kuno membuat resolusi yang bersifat eksternal, bukan internal dan untuk pribadi seperti saat ini.

Seperti dilansir dari Live Science, Minggu (31/12/2017), lebih dari 4.000 tahun lalu, masyarakat Babilonia kuno merayakan pergantian tahun pada bulan Maret, bukan Januari.

Tahun baru bagi mereka artinya saat panen musim semi tiba. Untuk merayakannya, mereka membuat festival yang disebut Akitu selama 12 hari.

Salah satu faktor penting dalam Akitu adalah mahkota raja baru atau penegasan janji kesetiaan yang ditujukan untuk raja tua yang masih duduk di takhta.

Ritual ini pun menegaskan perjanjian manusia dengan para dewa. Sejauh menyangkut Babilonia, penyembahan mereka terus dilakukan untuk menjaga dan mensyukuri yang sudah diciptakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.