Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru, Jangan Sampai Kembang Api Bikin Anjing Anda Stres

Kompas.com - 30/12/2017, 19:20 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Tak terasa hari ini sudah di penghujung tahun. Itu artinya, sebentar lagi akan ada pergantian tahun dan biasanya dimeriahkan dengan kembang api sebagai wujud kegembiraan dan syukur.

Bagi sebagian orang, tahun baru adalah hal yang patut dirayakan dengan menyalakan kembang api. Tapi, hal ini tidak berlaku bagi hewan peliharaan seperti anjing.

Sebagian besar anjing rupanya takut dan gelisah saat mendengar kembang api. Jika tidak ditangani dengan baik, hal itu justru bisa membuat anjing menjadi stres.

Dulu, mungkin ada nasihat bahwa pemilik anjing tidak perlu khawatir dengan anjing yang gelisah. Hal ini agar membuat anjing tidak terlalu bergantung pada manusia.

Pendapat itu kini telah dipatahkan oleh para ahli. Mereka kini percaya bahwa hal itu sama sekali tidak bekerja. Mereka lebih menyarankan agar pemilik anjing harus lebih memperhatikan anjing saat mereka gelisah agar terhindar dari stres.

Baca juga : Ketahui Pantangan Ini supaya Anjing Tetap Sehat Saat Musim Liburan

Hal ini seperti yang disarankan oleh Dog Trust, sebuah badan amal yang bergerak pada kesejahteraan hewan di Inggris.

Mereka mengatakan bahwa jika anjing ketakutan karena mendengar sebuah ledakan seperti kembang api dan manusia atau pemiliknya membiarkan hal itu, maka anjing akan makin merasa tertekan.

Perasaan ini sama halnya dengan manusia. Misalnya saja Anda sedang sangat ketakutan dan menceritakan sesuatu pada keluarga Anda namun mereka justru mengabaikan. Hal ini otomatis akan membuat Anda semakin takut dan rasa khawatirnya semakin buruk.

"Hal ini juga terjadi pada anjing. Saya telah melakukan penelitian tentang dampak kembang api, dan setengah dari anjing bereaksi menunjukkan tanda ketakutan," kata Dr Rachel Casey, direktur penelitian perilaku Dog Trust, seperti dilansir dari Telegraph, Kamis (28/12/2017).

Oleh sebab itulah, dia menyarankan agar para pemilik anjing tidak membiarkan anjing begitu saja saat mereka ketakutan. Jauh lebih baik jika anjing dibantu menghadapi ketakutan dengan mengalihkannya ke hal lain, seperti mengajaknya bermain atau mengajak ke kandangnya agar tenang.

"Ini harus dilakukan, melihat bukti yang sudah ada selama ini," sambung dosen senior dalam perilaku dan kesejahteraan hewan di Universitas Bristol itu.

Sarannya itu didasari pada pemahaman tentang bagaimana otak anjing bekerja dan bukti bahwa mengabaikan anjing tidak membantu mereka mengatasi rasa ketakutan pada kembang api.

Baca juga : Ingin Anjing Berhenti Merusak Sofa dan Sepatu? Pakar Jelaskan Caranya

Dog Trust memprediksi akan ada jutaan anjing di seluruh dunia yang akan mengalami ketakutan dan kecemasan saat malam pergantian tahun nanti berlangsung.

"Lebih baik sebelumnya ajak anjing Anda berjalan-jalan sebelum malam dan mendekati pergantian tahun. Selain itu, mungkin Anda juga bisa bermain musik dan menjaga hewan peliharaan supaya tidak dekat jendela. Hal ini agar mereka tidak mendengar suara kembang api dan tetap tenang berada di dalam rumah," saran Casey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com