Kompas.com - 13/12/2017, 20:30 WIB
Ilustrasi nyamuk TacioPhilipIlustrasi nyamuk
|
EditorMichael Hangga Wismabrata

KOMPAS.com — Mempelajari perilaku nyamuk diharapkan mampu mencegah penyebaran penyakit DBD. Perilaku seks nyamuk salah satunya.

Baru-baru ini, tim periset dari laboratorium Leslie B Vosshall, Profesor Robin Chemers Neustein dari Rockefeller yang dipimpin oleh Laura Duvall, menemukan bahwa nyamuk Aedes aegypti menggunakan nutrisi atau protein dari darah manusia untuk membuahi 500-an telur saat melakukan perkawinan.

Para peneliti kemudian mencoba untuk memahami perilaku seksual nyamuk tersebut dan dalam jurnal Current Biology. Mereka mengklaim telah menemukan strategi baru untuk menjaga hama DBD dan mencegah penyebaran penyakit.

Saat melakukan penelitiannya, Duvall mengaku ingin mempelajari lebih banyak tentang biologi di balik perilaku seks nyamuk betina. Khususnya, dia penasaran dengan peran yang dimainkan oleh protein kecil yang disebut HP-I.