Gunung Ini Naik Pangkat Jadi Gunung Tertinggi di Inggris, Kok Bisa? - Kompas.com

Gunung Ini Naik Pangkat Jadi Gunung Tertinggi di Inggris, Kok Bisa?

Kompas.com - 11/12/2017, 17:09 WIB
Mount Hope dua kali lebih tinggi dari gunung Ben Nevis di Skotlandia. Mount Hope dua kali lebih tinggi dari gunung Ben Nevis di Skotlandia.


KOMPAS.com - Baru-baru ini, Antartika Inggris memiliki puncak gunung tertinggi baru. Gunung ini bernama Gunung Hope dengan puncak 3.239 meter di atas permukaan laut.

Hope bukanlah gunung baru. Namun, pengukuran ulang yang dilakukan oleh British Antarctic Survey (BAS) menggunakan teknologi satelit ternyata lebih akurat dan memperbarui pengukuran sebelumnya.

Dalam ekspedisi British Graham Land di tahun 1936 yang menggunakan teknik pengukuran sederhana, gunung Hope disebut memiliki puncak setinggi 2.860 meter di atas permukaan air laut. Angka itu berada di bawah puncak gunung Jackson yang memiliki ketinggian 3.184 meter di atas permukaan air laut.

Dengan pengukuran baru yang dilakukan BAS, maka gunung Hope menggeser status gunung Jackson sebagai gunung tertinggi di Antartika Inggris.

Baca Juga: Benarkah Gunung Api di Islandia Akan Segera Meletus?

"Dalam survei pada tahun 1936 oleh ekspedisi British Graham Land, kita harus ingat bahwa itu adalah ekspedisi perintis yang menggunakan teknologi darat dengan tim anjing. Mereka menggunakan teknik survei yang relatif ringan dan sederhana dalam kondisi yang sangat keras," ujar anggota BAS, Adrian Fox, dikutip dari Telegraph, Senin (11/12/2017).

BAS diminta untuk memperbaharui data ketinggian gunung demi menjamin keselamatan pilot yang terbang melintasi benua putih itu.

"Di Antartika tidak ada jalan, jadi untuk berkeliling Anda harus menggunakan pesawat. Saat Anda terbang, Anda harus benar-benar tahu di mana titik gunung dan berapa tingginya," kata Dr Peter Fretwell dikutip dari BBC, Senin (11/12/2017).

Baca Juga: Ilmuwan Prediksi Letusan Besar Gunung Api Terjadi 17.000 Tahun Sekali

Puncak beberapa gunung di Inggris Puncak beberapa gunung di Inggris

Menteri Luar Negeri yang bertanggung jawab untuk wilayah Kutub, Sir Alan Duncan, berkata bahwa wilayah Antartika Inggris merupakan wilayah terluar Inggris yang paling terpencil dan unik. Wilayah ini juga merupakan salah satu lanskap murni di dunia.

"Penelitian gunung Hope sebagai puncak tertinggi di Inggris adalah contoh bagus untuk sains di Inggris, yang membuat langkah maju dalam teknik pemetaan untuk membantu lebih memahami wilayah yang menakjubkan ini," kata Duncan.

Jika gunung hope adalah puncak tertinggi di Antartika Inggris, maka gunung Vinson merupakan gunung tertinggi di Antartika dengan ketinggian 4.892 meter di atas permukaan air laut.


EditorShierine Wangsa Wibawa

Komentar
Close Ads X