Arkeolog Temukan Ruang Rahasia Sebesar Pesawat di Piramida Giza

Kompas.com - 03/11/2017, 19:06 WIB
Para arkeolog menemukan sebuah ruang rahasia di dalam piramida Giza -Para arkeolog menemukan sebuah ruang rahasia di dalam piramida Giza

KOMPAS.com - Para arkeolog mengumumkan adanya ruang rahasia sebesar pesawat penumpang di piramida Giza, salah satu piramida dengan banyak rahasia yang hampir tak tersentuh selama 4.500 tahun.

Dideskripsikan dalam laporan yang dipublikasikan pada jurnal Nature, Kamis (2/11/2017), sebelumnya para peneliti telah menemukan tiga ruangan di piramida Giza, yakni galeri agung, kamar raja, dan juga kamar ratu.

Baca juga: Terowongan Rahasia Ditemukan di Bawah Piramida Bulan, Apa Fungsinya?

Namun, ketika memetakan ketiga ruangan tersebut, tim arkeolog mendeteksi adanya kekosongan besar di atas galeri agung yang menghubungkan kamar raja dan ratu.

Ruang kosong tersebut berukuran sama dengan galeri agung, yang panjangnya minimal 30 meter.

"Ada banyak teori tentang keberadaan ruang rahasia di dalam piramida. Tapi tidak ada seorang pun yang mengira akan sebesar ini," kata Mehdi Tayoubi, salah seorang peneliti yang terlibat dikutip dari AFP, Kamis (2/11/2017).

Untuk mendeteksi ruang rahasia ini, tim arkeolog yang dipimpin oleh Kunihiro Morishima dari Nagoya University menggunakan muon, partikel berenergi tinggi yang dihasilkan saat sinar kosmik bertabrakan dengan atmosfer.

Teknik ini digunakan untuk dapat mengeksplorasi piramida agung tanpa memindahkan satu batu pun. Pasalnya, muon dapat menembus jauh ke dalam batu dan terserap pada tingkat berbeda tergantung pada kepadatan batu.

Dengan menempatkan detektor muon di dalam dan sekitar piramida, tim arkeolog bisa melihat berapa banyak bahan yang dilewati partikel.